4 Fakta Idul Fitri di Tengah Pandemi Covid-19, Tidak Mudik, Ibadah di Rumah Aja

Ilustrasi: Fakta Idul Fitri tahun 2020 di tengah wabah virus corona. (Ist.)
Ilustrasi: Fakta Idul Fitri tahun 2020 di tengah wabah virus corona. (Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com — Pandemi Covid-19 membuat Hari Raya Idul Fitri tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Banyak kebiasaan atau tradisi yang mengiringi perayaan Idul Fitri mesti berubah. Mulai dari larangan mudik atau pulang kampung, Salat Id di rumah, tak bisa silaturahmi, dan masih banyak hal yang berubah.

BACA JUGA:

So, inilah beberapa fakta tentang Idul Fitri tahun ini, yuk simak!

Larangan Mudik
Idul Fitri tahun ini memang sangat berbeda. Untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, pemerintah harus menerapkan kebijakan larangan mudik. Padahal, mudik telah menjadi tradisi khas kala Idul Fitri di Indonesia.

Alhasil, para perantau yang tak bisa pulang kampung saat Idul Fitri pun mesti rela bersilaturahmi menggunakan media online. Meskipun tak bisa berjumpa, tapi silaturahmi online pun tak mengurangi makna Idul Fitri.

Gak Ada Cuti Idul Fitri
Pemerintah telah resmi menggeser cuti bersama Idul Fitri dari tanggal 26 hingga 29 Mei 2020 ke tanggal 28 hingga 31 Desember 2020. Hal ini pun membuat Idul Fitri tahun ini terasa berbeda. Idul Fitri yang biasanya identik dengan cuti dan liburan bersama, kini harus berganti dengan bekerja dan belajar di rumah saja.

Salat Id di Rumah
Imbauan untuk beribadah di rumah rupanya juga berlaku untuk Salat Id saat Hari Raya Idul Fitri nanti. Imbauan ini tentu masih dalam rangka untuk memutus tali penyebaran Covid-19.

Silaturahmi Online
Idul Fitri identik dengan silaturahmi, saling mengunjungi, bersalaman-salaman, makan bersama, dan liburan. Tapi, kondisi saat ini tentu tak memungkinkan hal itu terjadi. Media online pun menjadi pengganti. Semoga ini tak mengurangi makna silaturahmi di kala Idul Fitri. (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*