5 Kegiatan Selama Lebaran di Rumah, Cocok untuk Milenial

Ilustrasi: Kegiatan yang bisa dilakukan selama merayakan Idul Fitri di rumah. (Ist.)
Ilustrasi: Kegiatan yang bisa dilakukan selama merayakan Idul Fitri di rumah. (Ist.)

JAKARTA, KalderaNews – Selamat Idul Fitri 1441 H! Setelah menjalani ibadah puasa selama sebulan penuh, akhirnya kita sampai di Hari Kemenangan yang fitri.

BACA JUGA:

Tapi, perayaan Idul Fitri alias Lebaran tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, lantaran sedang mewabah Covid-19. Tradisi Lebaran pun banyak yang berubah. Kita pun tak bisa beribadah bersama, bersalam-salaman, dan tentu tidak ada jalan-jalan liburan.

Semua mesti ditunda agar bisa segera memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Namun, meskipun ber-Lebaran di rumah saja, kita masih bisa menjalankan kegiatan untuk memeriahkan hari raya ini.

Nah, berikut beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan selama merayakan Lebaran di rumah. Yuk simak!

Dekorasi rumah
Biasanya saat Lebaran, kamu sibuk menyiapkan segala sesuatu untuk menyambut para tamu. Tapi, karena kondisi saat ini yang tidak memungkinkan untuk saling kunjung-mengunjungi, maka kamu pasti punya banyak waktu luang.

Nah, salah satu kegiatan yang bisa kamu lakukan agar tak mati gaya adalah mendekorasi rumah. Kamu bisa mengajak orangtua atau saudara yang ada di rumah untuk ikut serta dalam kegiatan ini. Tema dekorasi bisa kamu pilih sendiri, atau coba saja cari-cari dekorasi rumah yang cocok di internet. Ini pasti akan menjadi kegiatan yang seru, Gaes!

Video call
Kalau yang ini, pasti kamu tidak lupa ya! Idul Fitri identik dengan silaturahmi dan saling memaafkan. Karena tak bisa bertatap muka, maka gunakan saja kecanggihan teknologi komunikasi untuk tetap menjalin tali silaturahmi, seperti video call. Mulailah menghubungi saudara-saudara dekat, pacar jika ada, calon mertua kalau sudah punya, teman kuliah atau sekolah, guru atau dosen, dan yang lain.

Virtual photoshoot
Idul Fitri juga rasanya kurang lengkap tanpa foto keluarga. Melalui video call, kamu dapat mengambil foto satu sama lain secara virtual. Berkreasilah dengan objek apa saja yang dapat kamu temukan di rumah dan edit foto tersebut, seolah-olah kamu telah mengambil foto di studio.

Food art
Perayaan Idul Fitri juga selalu dipenuhi makanan dan kue Lebaran. Nah, kamu bisa mengajak semua orang yang ada di rumah untuk menghias kue Lebaran atau meracik makanan penutup yang bisa dikreasikan bersama. Atau jika masih punya bahan untuk membuat kue, cobalah memasak bersama di dapur. Ini tentu akan menjadi kegiatan seru di tengah perayaan Idul Fitri.

Virtual traveling
Kini, sudah banyak aplikasi untuk melakukan virtual traveling. Kamu mencoba melakukan virtual traveling baik di dalam atau di luar negeri. Paling tidak ini untuk mengobati rindu jalan-jalan ke pantai, danau, pengunungan, atau taman hiburan.

So, itulah beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan selama merayakan Idul Fitri di rumah. Selamat mencoba ya! (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat, dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*