Ini Penyebab Akhir-akhir ini Suhu Udara Sangat Panas dan Lembab

Dehidrasi
Ilustrasi dehidrasi
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Dalam beberapa hari terakhir ini suhu udara yang sangat panas bikin gerah dan pusing. Lantas kenapa suhu udara mendadak naik?

Deputi Bidang Klimatologi BMKG, Herizal menjelaskan suasana gerah secara meteorologis disebabkan suhu udara yang panas disertai dengan kelembapan udara yang tinggi. Kelembapan udara yang tinggi menyatakan jumlah uap air yang terkandung pada udara.

Semakin banyak uap air yang dikandung dalam udara maka akan semakin lembap udara tersebut dan apabila suhu meningkat akibat pemanasan matahari langsung karena berkurangnya tutupan awan, suasana akan lebih terasa gerah.

BACA JUGA:

Laporan pencatatan meteorologis suhu maksimum udara (umumnya terjadi pada siang atau tengah hari) di Indonesia dalam beberapa hari terakhir ini berada dalam kisaran 34 – 36°C. Beberapa kali suhu udara >36°C tercatat terjadi di Sentani, Papua.

Di Jabodetabek, pantauan suhu maksimum tertinggi terjadi di Soekarno/Hatta 35°C, Kemayoran 35°C, Tanjung Priok 34,8°C, dan Ciputat 34,7°C. Demikian juga wilayah lain di Jawa, siang hari di Tanjung Perak suhu udara terukur 35°C.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*