Mahasiswa Keperawatan Ukrida Berbagi 70 Paket Sembako di Hari Perawat Internasional 2020

Mahasiswa Program Studi Keperawatan Ukrida berbagi sembako di International Nursing Day Tahun 2020 Selasa, 12 Mei 2020
Mahasiswa Program Studi Keperawatan Ukrida berbagi sembako di International Nursing Day Tahun 2020 Selasa, 12 Mei 2020 (KalderaNews/Ukrida)

JAKARTA, KalderaNews.com – Para mahasiswa Program Studi Keperawatan Ukrida (Universitas Kristen Krida Wacana) memperingati Hari Perawat Internasional 2020 (International Nursing Day Tahun 2020) dengan bakti sosial berbagi 70 paket sembako kepada masyarakat di wilayah Rumah Susun Cinta Kasih Tzu Chi, Selasa, 12 Mei 2020.

Paket sembako ini diberikan pada masyarakat yang dianggap memerlukan bantuan akibat dampak situasi pandemik wabah Covid-19. Pada Hari Perawat Internasional ini mereka juga mengadakan kompetisi video kreatif mahasiswa guna meningkatkan kesadaran dan partisipasi aktif sebagai mahasiswa terhadap kondisi pandemik akibat Covid-19.

BACA JUGA:

Diketahui, Hari Perawat Internasional merupakan hari perayaan untuk menandai kontribusi perawat terhadap masyarakat. Tanggal 12 Mei diperingati sebagai Hari Perawat Internasional yang dirayakan tiap tahunnya. Perayaan ini juga diperingati sebagai ulang tahun kelahiran ibu perawat dunia yaitu Florence Nightingale.

Hari Perawat internasioanal pertama kali diprakarsai pada tahun 1953, tapi Hari Perawat Internasional belum resmi secara umum dinyatakan hingga 1974. Kini setiap tahunnya, Dewan Perawat Internasional atau International Council of Nurses (ICN) memilih tema apa yang akan diangkat. Tentu saja membahas isu-isu teraktual di bidang keperawatan.

Perawat memegang peran penting, basis dalam perkembangan kondisi fisik setiap pasien, sehingga mempengaruhi populasi dan sistem kesehatan. Perawat juga merupakan pekerjaan yang menanamkan kepedulian tentang kesehatan. Mutu pelayanan kesehatan sangat ditentukan oleh keperawatan atau asuhan keperawatan.

Perawat sebagai pemberi jasa keperawatan merupakan bagian dari ujung tombak pelayanan kesehatan di rumah sakit, puskesmas maupun instansi pelayanan kesehatan dimana tenaga keperawatan yang pertama kali kontak dan menjalin hubungan dengan pasien dan keluarga hingga tahap terminasi dalam hubungan pelayanan kesehatan.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*