29 Juni Hari Keluarga Nasional, Berikut Sejarah dan Inspirasi Ucapannya

Ilustrasi: Hari Keluarga Nasional 2020. (Ist)
Ilustrasi: Hari Keluarga Nasional 2020. (Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Hari ini, 29 Juni diperingati sebagai Hari Keluarga Nasional (Harganas). Namun, peringatan ini belum terlalu dikenal masyarakat.

BACA JUGA:

Di beberapa negara lain, seperti Amerika Serikat juga memperingati Hari Keluarga atau Family Day pada hari Minggu pertama bulan Agustus. Sementara di Australia, Family Day dirayakan pada Selasa minggu pertama bulan November. Dan, Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) menetapkan 15 Mei sebagai Hari Keluarga Internasional.

Seperti dikutip dari Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Harganas diperingati untuk menumbuhkan rasa kebersamaan dalam keluarga. Sementara sejarah penetapan Harganas bisa dilacak dari masa pasca kemerdekaan Indonesia pada 1945.

Setelah memproklamasikan kemerdekaan, bangsa Indonesia kembali dihadapkan pada perang revolusi fisik, lantaran kembalinya Belanda. Situasi ini membuat kondisi bangsa belum kondusif, maka untuk mempertahankan kemerdekaan, diberlakukan wajib militer bagi rakyat. Hal ini menjadikannya para pejuang berpisah dengan keluarga.

Nah, pada 22 Juni 1949, Belanda menyerahkan kedaulatan bangsa Indonesia secara utuh. Seminggu kemudian, tepatnya 29 Juni 1949, para pejuang kembali kepada keluarganya. Momentum inilah yang melandasi lahirnya Hari Keluarga Nasional (Harganas).

Tanggal 29 Juni 1970 juga menjadi puncak kristalisasi gagasan Keluarga Berencana untuk diperkuat melalui pembentukan suatu program, sehingga tanggal tersebut dikenal dengan tanggal dimulai Gerakan KB Nasional.

Haryono Suyono menjadi salah satu penggagas Hari Keluarga Berencana Nasional. Presiden Soeharto menyetujui gagasan itu dan lahirlah Hari Keluarga Berencana Nasional yang diperingati tiap 29 Juni.

Pemilihan tanggal 29 Juni dikarenakan pada tanggal dan hari tersebut Tentara Republik Indonesia yang bergerilya dalam perjuangan melawan penjajah masuk ke Yogyakarta dan kembali ke keluarga masing-masing.

Keberhasilan program KB pun menjadi tempat pembelajaran bagi negara-negara lain. Program Kependudukan dan KB berhasil meraih penghargaan UN Population Award. Hingga pada 15 September 2014, melalui Keputusan Presiden RI Nomor 39 tahun 2014, tanggal 29 Juni ditetapkan sebagai Hari Keluarga Nasional.

So, dalam rangka Harganas, berikut beberapa inspirasi ucapan yang bisa untuk update status media sosial kamu:

  • Keluarga harta yang tak perlu kamu cari, keluarga akan selalu ada untukmu. Lindungi dan sayangi keluargamu!
  • Kehangatan keluarga tak diukur dari ukuran luas rumahnya, tapi luas kebahagiaan yang menempati. Selamat Hari Keluarga Nasional 2020!
  • Keluarga kompas yang membimbing kita. Mereka inspirasi untuk mencapai tingkat tinggi, dan kenyamanan kita ketika kita sesekali goyah.
  • Keluarga seperti ranting di pohon. Kami tumbuh di arah yang berbeda namun akar kami tetap satu.
  • Keluarga adalah pelampung di lautan badai kehidupan. Selamat Hari Keluarga!
  • Merantaulah kemana pun tempat yang kau mau, gapailah impianmu. Tapi ingatlah, jangan pernah lupakan tempat di mana kamu harus pulang. Keluarga adalah tempat kita kembali.
  • Keluarga dan teman adalah harta yang tersembunyi, mencari mereka dan menikmati kekayaan mereka. Selamat Hari Keluarga Nasional 2020!
  • Teman boleh saja datang dan pergi, tetapi keluarga tetap ada dan selalu ada. Utamakanlah keluarga. Ingatlah, saat semua runtuh dan gagal, keluarga tempatmu kembali. Selamat Hari Keluarga!
  • Zaman memang selalu berubah. Tetapi manusia akan tetap sama. Manusia tetap butuh cinta, kebahagiaan, dan kehangatan keluarga. Selamat Hari Keluarga Nasional 2020!

Selamat Hari Keluarga 2020! (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat, dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*