3 Skema Beasiswa Penuh ke Jepang bagi Lulusan SMA/K Sederajat Monbukagakusho/ MEXT) Tutup 15 Juli 2020

Anak-anak di Jepang
Anak-anak di Jepang (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Monbukagakusho/ MEXT) Jepang menawarkan beasiswa bagi pelajar Indonesia lulusan SMA/K dan sederajat untuk melanjutkan pendidikan ke Jepang melalui program beasiswa Monbukagakusho/ MEXT 2020.

Ada 3 skema beasiswa yang dibuka untuk pelajar Indonesia, yakni, Program Undergraduate (GAKUBU), Program College of Technology (KOSEN) dan Program Specialized Training College (SENSHU).

Beasiswa ini mencakup biaya kuliah secara penuh (termasuk biaya sekolah persiapan), tunjangan hidup sebesar kurang lebih ¥117.000/bulan, tiket pesawat pergi pulang Indonesia-Jepang, bebas biaya pengurusan visa pelajar dan tanpa ikatan dinas.

BACA JUGA:

Sebelum berkuliah di universitas (Program Undergraduate (GAKUBU), penerima beasiswa akan belajar bahasa Jepang, matematika, bahasa Inggris, dan ilmu sosial (bagi yang memilih bidang studi IPS), dan fisika, kimia, biologi (bagi yang memilih bidang studi IPA) di sekolah persiapan selama 1 tahun di Jepang. Total masa belajar yaitu 5 tahun (bagi yang memilih bidang studi kedokteran, total masa belajar yaitu 7 tahun).

Sementara itu, College of Technology (KOSEN) adalah sekolah yang berfokus pada studi teknik yang sebagian besar terdiri dari eksperimen dan latihan-latihan praktik. Lulusannya diharapkan dapat menjadi ahli teknik (insinyur). College of Technology (KOSEN) memiliki program belajar yang dirancang selama 5 tahun bagi lulusan SMP di Jepang.

Namun khusus bagi penerima beasiswa Monbukagakusho, akan masuk ke College of Technology (KOSEN) sebagai siswa tahun ketiga. Setelah lulus dari college, siswa dapat melanjutkan ke jenjang Undergraduate (S-1) sebagai mahasiswa tahun ketiga. Periode penerimaan beasiswa juga dapat diperpanjang tergantung dari prestasi selama di college dan hasil seleksi. Sebelum berkuliah di KOSEN, penerima beasiswa akan belajar bahasa Jepang di sekolah persiapan selama 1 tahun di Tokyo, Jepang. Total masa belajar yaitu 4 tahun (bagi yang memilih bidang studi maritime engineering, total masa belajar yaitu 4,5 tahun).

Sementara itu untuk, Specialized Training College adalah sekolah yang memberikan keahlian khusus di bidang tertentu. Lulusannya diharapkan dapat mendukung beragam industri yang memiliki potensi berkembang tinggi di pasar dunia. Specialized Training College berlangsung selama 2 tahun. Setelah lulus dari college, siswa dapat melanjutkan ke jenjang Undergraduate (S-1) sebagai mahasiswa tahun ketiga. Periode penerimaan beasiswa juga dapat diperpanjang tergantung dari prestasi selama di college dan hasil seleksi.

Pendaftaran ketiga program beasiswa ke Jepang ini ditutup pada 15 Juli 2020. Informasi lengkap dan persyaratan khusus masing-masing program beasiswa ini, KLIK: Program Undergraduate (GAKUBU), Program College of Technology (KOSEN) dan Program Specialized Training College (SENSHU).

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*