Empat Jurnal Perguruan Tinggi Islam Sabet Predikat Q1 di Scimago JR

Ilustrasi: Journal of Indonesian Islam. (Ist.)
Ilustrasi: Journal of Indonesian Islam. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Empat jurnal Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) meraih predikat Q1 (Quartile 1) dari Scimago Journal & Country Rank (SJR). Hal itu terungkap dari hasil ranking jurnal tahun 2019 yang dirilis SJR beberapa waktu lalu.

SJR melakukan perankingan jurnal-jurnal yang terindeks di Scopus. Ada empat kategori yang dibuat, yaitu: Q1 (Quartile 1), Q2, Q3 dan Q4, dan itu berdasarkan kelompok bidang ilmu yang dinaungi jurnal.

BACA JUGA:

Dari lima Jurnal PTKIN yang terindeks Scopus, empat di antaranya berada di level Q1, sementara 1 jurnal lain berada pada Q2. Jurnal-jurnal tersebut adalah:

  1. Journal of Indonesian Islam (JIIs)-UINSA (Q1)
  2. Qudus International Journal of Islamic Studies (QIJIS)-IAIN Kudus (Q1)
  3. Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies (IJIMS)-IAIN Salatiga (Q1)
  4. Studia Islamika-UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (Q1)
  5. Al Jami’ah-UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (Q2)

Pegiat Jurnal PTKI, Khoirun Niam, mengatakan, saat ini ada 50 jurnal Indonesia yang terindeks di Scimago JR. Tetapi, hanya enam jurnal yang memiliki peringkat Q1, dan 4 di antaranya berasal dari PTKIN. Keempat jurnal tersebut fokus pada kajian Islam sebagai bidang keilmuan yang digarap. “Hal ini menunjukkan kontribusi nyata Islam di Indonesia dalam kancah akademis global,” ujar Khoirun Niam.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*