Gegara Pandemi Covid-19, Seleksi Paskibra Nasional 2020 Ditiadakan




Ilustrasi: Seleksi Paskibra Nasional 2020 ditiadakan. (Ist.)
Ilustrasi: Seleksi Paskibra Nasional 2020 ditiadakan. (Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Tahun ini, seleksi rekrutmen calon Paskibra Nasional 2020 ditiadakan. Hal ini sesuai dengan surat Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga PP.00.00/4.9.1/E-II.1/IV/2020.

BACA JUGA:

Dalam surat yang ditandatangani oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga, Asrorun Ni’am dijelaskan bahwa pelaksanaan upacara bendera HUT RI ke-75 di Istana Merdeka dilaksanakan dengan protokol kesehatan Covid-19, meminimalisir jumlah petugas dan peserta. Maka, untuk upacara HUT RI ke-75 tahun 2020 ini tidak dilaksanakan rekrutmen calon Paskibraka dari provinsi sebagaimana seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Dalam rangka persiapan HUT RI ke-75, telah dilaksanakan rapat koordinasi Panitia HUT RI Ke-75 pada tanggal 21 dan 28 April 2020. Dan simulasi upacara pada 16 Mei 2020 di Istana Merdeka Jakarta, yang pada intinya disepakati bahwa pelaksanaan HUT RI ke-75 di Istana Merdeka dilaksanakan dengan protokol kesehatan tentang COVID-19, meminimalisir jumlah petugas dan peserta. Dengan demikian untuk upacara HUT RI ke-75 tahun 2020 ini tidak dilaksanakan rekrutmen calon Paskibraka dari provinsi sebagaimana seperti tahun-tahun sebelumnya. Hasil rapat dan hasil simulasi ini disampaikan kepada presiden RI untuk memperoleh arahan,” demikian bunyi surat tersebut.

Pelaksanaan upacara pengibaran dan penurunan bendera pusaka 2020 tingkat Nasional di Istana Negara Jakarta juga akan diatur dan di bawah koordinasi Panitia Pusat HUT RI ke-72 (Sekretariat Negara). Sementara, pelaksanaan upacara pengibaran dan penurunan bendera di tingkat provinsi dan kabupaten/kota akan diinformasikan selanjutnya.

Pada tahun-tahun sebelumnya, biasanya seleksi calon Paskibra Nasional digelar sejak bulan April. Calon Paskibra Nasional adalah siswa-siswi SMA kelas 10 atau 11 terbaik dari setiap provinsi di Indonesia. Mereka yang terpilih akan mengikuti karantina pelatihan menjadi Paskibra Nasional. (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*