Tak Galau Lagi, Sekolah di New York Diizinkan Kembali Selenggarakan Upacara Wisuda Outdoor

Peserta wisuda di Brentwood High School lulusan tahun 2017 merayakan kelulusan mereka. (James Carbone)

JAKARTA, KalderaNews.com — Rasa galau karena tak bisa bertemu teman-teman pada upacara kelulusan atau wisuda bakal lenyap di kalangan remaja negara bagian New York. Gubernur Andrew.W. Cuomo, kemarin (07/06/2020) mengumumkan bahwa mulai 26 Juni nanti sekolah-sekolah menengah di seluruh negara bagian itu dapat mengadakan upacara wisuda di luar ruangan (outdoor). Hanya saja wisuda itu dibatasi dengan jumlah yang hadir tidak lebih dari 150 orang.

Gubernur Cuomo mengatakan acara wisuda itu akan diizinkan jika jumlah kasus COVID-19 di seluruh negara bagian terus menurun, seperti kecenderungan saat ini. Menurut Cuomo, masih ada waktu beberapa minggu lagi untuk menunggu apakah batasan jumlah orang yang hadir akan tetap atau berubah, “Tapi sekolah-sekolah perlu merencanakan. Dengan kemajuan yang telah kita buat sejauh ini dan jika kita melanjutkan kecenderungan ini, kita akan dapat melakukannya,” kata dia.

BACA JUGA:

Sebelumnya pada hari Minggu kemarin, kepala wilayah Nassau County, Laura Curran, mengatakan county yang dipimpinnya optimis tentang penyelenggaraan upacara kelulusan sekolah menengah di wilayahnya. Beberapa wilayah di negara bagian New York memang telah mengusulkan diizinkannya upacara wisuda siswa sekolah menengah, usulan yang juga didukung oleh Todd Kaminsly, senator negara bagian New York.

Pengumuman Cuomo disambut gembira oleh berbagai kalangan, hanya saja 150 orang sebagai batas maksimal dirasakan masih terlalu sedikit. Itu sebabnya, masih banyak yang berharap hal itu dapat diubah.

Sebagai contoh, bila sebuah sekolah memiliki 300 siswa yang akan diwisuda, seperti Jericho High School, berarti harus mengadakan enam acara wisuda yang terpisah.

“Jika kita mencoba untuk mengadakan wisuda dengan maksimal 150 orang, itu berarti terdiri dari 50 siswa (wisudawan) dan 100 orang dewasa dan itu berarti (bila jumlah wisudawan 300 orang) enam upacara wisuda yang terpisah,” kata Henry L. Grisham, pengawas sekolah Jericho High School. “Dan itu dengan asumsi setiap siswa datang dengan kedua orang tuanya, dan belum termasuk anggota staf sekolah.”

Sebelum pengumuman Cuomo, beberapa sekolah di distrik Long Island telah menjadwalkan acara kelulusan dalam berbagai bentuk. Ada yang merencanakan upacara wisuda dengan memelihara jarak sosial, sedangkan yang lainnya menjalankan upacara wisuda secara virtual. Ada juga yang merayakan wisuda dengan berada di dalam kendaraan.

Sekolah di Distrik William Floyd telah membuat rencana wisuda pada 27 Juni mendatang berupa wisuda ‘di tepi jalan’. Para wisudawan dan anggota keluarga akan tiba di pintu masuk sekolah dengan mobil, dan hanya wisudawan yang keluar untuk mengambil diploma mereka setelah nama mereka diumumkan dan berpose untuk difoto. Upacara wisuda itu akan berlangsung selama lima hari untuk mengakomodasi sebanyak 600 lulusan. Namun dengan adanya pengumuman terbaru dari Gubernur Cuomo, mereka kini akan meninjau ulang rencana tersebut.

Pelandaian kurva penularan COVID-19 menunjukkan tanda-tanda membaik di negara bagian ini. Cuomo mengatakan dari 60.000 tes COVID-19 yang diberikan di seluruh negara bagian pada hari Sabtu (06/06), hanya 781 yang memberikan hasil positif.

Total kasus COVID-19 di seluruh negara bagian New York sampai hari Minggu adalah 378.097. Lebih dari 80.000 kasus terjadi di Long Island: 40.904 di Nassau County dan 40.329 di Suffolk County, menurut pejabat negara.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*