Waspadai Potensi Hujan Lebat Karena Siklon Tropis NURI di 4 Provinsi ini

Musim hujan tiba
Hujan tiba (KalderaNews/JS de Britto)

JAKARTA, KalderaNews.com – Plt. Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Drs. Herizal, M.Si. menegaskan Siklon Tropis NURI terbentuk di sekitar Laut China Selatan sebelah barat Filipina pada 12 Juni 2020 jam 19.00 WIB. Intensitasnya cenderung menguat hingga 24 jam ke depan dan bergerak ke arah barat laut semakin menjauhi wilayah Indonesia.

BACA JUGA:

Kalau dalam beberapa hari terakhir kejadian hujan sedang-lebat terjadi di wilayah Indonesia, bahkan di beberapa wilayah telah memicu bencana banjir, seperti yang terjadi pada 11 Juni 2020 di Kecamatan Bone, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, dipicu oleh adanya dinamika gelombang atmosfer (Gelombang Rossby) di sekitar wilayah Indonesia dan belokan angin yang terbentuk karena adanya bibit siklon tropis yang menguat menjadi Siklon Tropis NURI di sekitar Laut China Selatan sebelah barat Filipina.

Potensi hujan lebat akibat tumbuhnya siklon tropis NURI dapat terjadi di wilayah hingga 3 hari sejak 12 Juni 2020, yakni Aceh, Sumatera Utara, Kalimantan Utara dan Sulawesi Tengah.

Herizal pun menegaskan BMKG terus memantau perkembangan potensi cuaca ekstrem di wilayah Indonesia. Masyarakat diimbau untuk tetap berhati hati pada potensi angin kencang dan hujan lebat yang masih berpeluang terjadi di beberapa wilayah serta mewaspadai potensi dampak seperti banjir, tanah longsor dan banjir bandang.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*