Begini Panduan KKN Tematik Covid-19, Bisa Daring atau Luring

Ilustrasi: Kuliah Kerja Nyata Tematik Covid-19. (Ist.)
Ilustrasi: Kuliah Kerja Nyata Tematik Covid-19. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggelar webinar Sosialisasi Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik dengan tema Covid-19, Literasi dan Numerasi. Webinar ini bertujuan untuk memberikan gambaran serta arah gerak dari KKN Tematik, dan menjadi rangkaian program Relawan Covid-19 Nasional (Recon).

BACA JUGA:

Kegiatan KKN telah berjalan di perguruan tinggi secara reguler pada Juni, Juli, serta Agustus. “Program kolaborasi KKN Tematik berfokus pada komunikasi, informasi, dan edukasi (KIE) serta untuk adaptasi kebiasaan baru. Diharapkan, kegiatan ini dapat membantu kondisi nasional yang terkena dampak pandemi Covid-19,” papar Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Dikti Aris Junaidi.

Aris memaparkan bahwa KKN Tematik dilaksanakan dengan 3 jenis program, yakni:

  • KKN Tematik Covid-19 Daring
  • KKN Tematik Covid-19 Luring
  • KKN Tematik Literasi dan Numerasi (secara daring dan luring)

KKN Tematik Covid-19 secara daring dikoordinir langsung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Perguruan Tinggi. KKN Tematik Literasi dan Numerasi dapat dilaksanakan secara daring maupun luring untuk memberikan bimbingan belajar kepada siswa pada tingkat Sekolah Dasar (SD) dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

KKN Tematik Covid-19 memiliki target output berupa log book harian pelaksanaan KIE untuk adaptasi kebiasaan baru, refleksi perubahan perilaku masyarakat, video atau tulisan untuk advokasi atau kampanye adaptasi kebiasaan baru. Kegiatan ini akan didokumentasikan dalam bentuk buku. “Di akhir tahun nanti, kita akan luncurkan semua kegiatan mahasiswa yang terkait dengan Covid-19,” papar Aris.

Sementara, pembekalan KKN Tematik secara nasional (open course dan webinar series) akan dilakukan minggu ke-2 bulan Agustus. Pembekalan diberikan sesuai tema umum dan tema khusus Covid-19. Perguruan tinggi dapat mengembangkan tema khusus yang lain serta memberikan pembekalan internal sesuai kebutuhan.

KKN Tematik Covid-19 ini merupakan kolaborasi Ditjen Dikti Kemdikbud bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI), Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Rektor Perguruan Tinggi dan pemangku kepentingan terkait (hingga tingkat daerah).

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*