Dian Sastro Ternyata Demen Sastra Gara-gara Guru di SMA, Bukan Karena Film AADC

Alumnus SMA Tarakanita 1 Jakarta, Dian Sastro
Alumnus SMA Tarakanita 1 Jakarta, Dian Sastro (KalderaNews/JS de Britto)

JAKARTA, KalderaNews.com – Aktris Dian Sastro, pemeran Cinta dalam dalam film AADC (Ada Apa Dengan Cinta) mengakui kalau jiwa seni yang ada didalam dirinya sudah terasah sejak masih sekolah di SMA Tarakanita 1 Jakarta, jadi bukan sejak ia main di film yang sempat booming pada 2002 tersebut.

“Zaman dulu (SMA) belajar puisi tidak keren, tapi sebelum ada film AADC kan bapak sudah nyekokin kita dengan Chairil Anwar. Jadi anaknya Pak Mayan wajib Chairil Anwar. Harus ada beberapa puisi yang hafal,” aku Dian Sastro saat menjadi guru secara daring bagi para siswa SMA dan SMK Tarakanita Kelas X dan XI saat pandemi Covid-19 bertajuk ā€œMenemukan Passion untuk Hidup yang Lebih Powerfulā€œ beberapa waktu yang lalu.

BACA JUGA:

“Kalau ada yang bilang Cinta tahu puisi dari Rangga. Kita anak Tarki itu Rangga semua. Harusnya Rangga yang belajar Chairil Anwar dari Cinta,” tandasnya

Putri pasangan Ariawan Rusdianto Sastrowardoyo dan Dewi Parwati Setyorini ini lantas mengajak peserta didik untuk tetap menikmati masa-masa sekolah di SMA.

“Waktu masih muda saya nggak tahu passion saya apa. Kalau temen-temen yang duduk di bangku sekolah tidak tahu passionnya apa nggak papa atau masih bingung mau jadi apa dan di bidang apa itu normal banget,” tegasnya di acara yang dipandu Theresia Dwi Susanti Dewi (Guru SMA Tarakanita 1) dan Yustinus Sumayanto (Guru SMA Tarakanita Gading Serpong).

Waktu SMA Dian Sastro juga mengaku bingung dan nanya-nanya ke guru. Untungnya, akunya jujur, guru-guru di Tarakanita itu mengajar karena passion. Mereka mengajar pakai hati. Passion itu menular.

“Pak Mayan Guru Bahasa Indonesiaku. Pak Mayan itu suka banget buku-buku karya sastra Indonesia, salah satunya Seno Gumira Ajidarma yang pelajaran mengarang. Ketertarikan beliau ke novel itu menular ke kita semua sehingga kita bisa mengembangkan ketertarikan kita sendiri terhadap karya satra Indonesia,” tandas aktris kelahiran Jakarta, 16 Maret 1982.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*