Guru Ini Raih Penghargaan karena Membuat Muridnya Senang Belajar Matematika

Ibu Guru Tamara DeFord, mendapat penghargaan karena berhasil mengembangkan metode pembelajaran Matematika yang disenangi murid-muridnya. (princegeorgematters.com)

JAKARTA, KalderaNews.com — Ibu Guru Tamara DeFord menciptakan metode dan suasana belajar Matematika yang menyenangkan di kelas tempat ia mengajar.

Ia melibatkan semua anak belajar dan bekerja dalam kelompok serta menyelesaikan persoalan Matematika bersama-sama.

Lebih dari itu, ia juga menciptakan alat belajar yang dapat menunjukkan bahwa pelajaran Matematika tidak sekadar hitung-hitungan, melainkan menyangkut banyak aspek dalam kehidupan sehari-hari.

Karena dampak positif yang dihasilkan metode pembelajarannya, guru kelas lima dan enam di Sekolah Dasar Ecole College Heights Elementary di British Columbia, Kanada, itu terpilih sebagai pemenang penghargaan guru berprestasi. Ia didaulat sebagai penerima Outstanding Elementary School Teacher Award 2019-2020 dari British Columbia Association of Mathematics Teacher (BCAMT).

BACA JUGA:

Menurut siaran pers pemerintah Distrik SD57, wilayah dimana sekolah DeFord berada, penghargaan dari pemerintah provinsi British Columbia (BC) ini diberikan kepada guru yang menunjukkan keistimewaan dalam pelajaran berhitung, mengajar, inovasi, kurikulum, pembelajaran profesional dan pembimbingan.

Geometrocity, alat permainan dalam pembelajaran Matematika yang digunakan oleh Ibu Guru DeFord (princegeorgematters.com)

Ibu Guru Deford terpilih didasarkan pada caranya mengajar dan melibatkan murid-murid di kelasnya dalam pelajaran Geometri, yang mendapat pengakuan dari BCAMT. Dia juga memperkenalkan sebuah permainan yang diberi nama Geometrocity, yang mengaitkan Matematika dengan terciptanya kota.

“Saya ingin mereka (murid-murid, Red) tahu bahwa Matematika lebih dari sekadar berhitung, bahwa Matematika ada di sekitar kita, dan itu bisa sangat menyenangkan dan sangat kreatif,” jelasnya, dikutip dari situs princegeorgematters.com.

“Saya mencoba membawa konteks sesuai dengan kemampuan saya, dan mencoba memberikan kesempatan kepada anak-anak bermain dengan konsep dan ide semampu saya. Saya mencoba membuatnya menjadi sesuatu yang lebih dari sekadar buku teks, ” kata dia.

Karena pelajaran Matematika kelas 5-6 mencakup tentang pecahan, desimal, dan literasi keuangan, DeFord menerapkan banyak teknik dan aktivitas langsung.

Termasuk di antaranya membuat ‘tantangan’ Matematika setiap memulai pelajaran, dan membuat proyek bersama yang memungkinkan murid membuat miniatur kota dari bentuk-bentuk geometris.

DeFord mengatakan penting untuk membuat murid tetap terlibat agar dapat belajar dengan cara yang seefektif mungkin.

“Saya selalu berpikir bahwa anak-anak yang berusia 11 tahun adalah anak-anak yang sangat hebat, dan dengan kerendahan hati saya masuk ke ruang kelas setiap hari bukan dengan perasaan bahwa akan bisa menyelesaikan pekerjaan dengan sempurna. Tetapi sangat menyenangkan bagi saya ketika saya diakui atas pekerjaan yang telah saya lakukan, yaitu belajar untuk menjadi guru Matematika yang lebih baik dan bagaimana membuat Matematika lebih menarik bagi anak-anak, ” kata dia.

DeFord dinominasikan oleh Marie Fanshaw, salah seorang guru di Distrik SD57. Menurut Fanshaw, DeFord menunjukkan hasratnya yang tinggi pada Matematika, menghadirkan lingkungan belajar yang positif di kelasnya dan ‘berpikiran maju’ dalam hal membuat Matematika menjadi menyenangkan.

“Ketika saya mengunjungi kelas Tamara, anak-anaknya selalu terjaga dan bergerak, dan mengerjakan pelajaran Matematika. Dia selalu membuat mereka belajar, dia bukan hanya guru yang memberi perintah. Dia sangat aktif dan dia kemudian membangun kapasitas mereka dengan meminta mereka terlibat dalam beberapa proyek pembelajaran mandiri. Dia benar-benar membangun komunitas pembelajarnya. Ini adalah sesuatu yang selalu diminati Tamara dan saya pikir itu dapat ditransfer kepada murid-muridnya. “

DeFord sudah 13 tahun sebagai guru di wilayah SD57. Sebelum mengajar di Ecole College Heights Elementary pada tahun 2017, ia mengajar di Quinson, Pineview dan di Departemen Kurikulum dan Inovasi di departemen Kurikulum dan Inovasi pemerintah Distrik.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*