Hari Ini, Lourdes Jadi Tuan Rumah Ziarah Online Pertama di Dunia

Ilustrasi: Gereja di komplek ziarah Lourdes, Perancis. (Ist.)
Ilustrasi: Gereja di komplek ziarah Lourdes, Perancis. (Ist.)

LOURDES, KalderaNews.com – Tempat ziarah umat Katolik paling tersohor di muka bumi membuka layanan peziarahan online pertama di dunia, hari ini, Kamis, 16 Juli 2020. Dalam sejarah Lourdes, hari ini merupakan peringatan penampakan Bunda Maria terakhir kepada St Bernadette Soubirous.

BACA JUGA:

Lebih dari 160 tahun yang lalu, pada tahun 1858, Bunda Maria menampakkan diri kepada seorang gadis muda Prancis, Bernadette Soubirous, di kota kecil Lourdes, di kaki bukit Pyrenees, Perancis. Semenjak itu, jutaan umat Katolik dari berbagai negara berbondong-bondong berziarah ke Lourdes.

Pada tahun 2020, dua tahun setelah peringatan 150 tahun penampakan Bunda Maria, untuk pertama kali dalam sejarah, Lourdes ditutup. Penutupan tempat ziarah ini menyusul kebijakan pemerintah Perancis untuk melakukan karantina wilayah akibat pandemi Covid-19.

Hingga kini, Lourdes masih tertutup bagi peziarah. Maka pengelola pun mengorganisir ziarah virtual pertama di dunia. Ziarah virtual ini bisa diikuti di laman resmi Lourdes, lourdes-france.org. Rencana ziarah virtual ini akan dimulai tepat pukul 07:00 waktu setempat atau sekira pukul 12:00 WIB.

Rencana, ziarah virtual yang akan melibatkan jutaan orang dari seluruh dunia ini akan berlangsung hingga pukul 10:00 malam waktu setempat. Dalam ziarah virtual ini, para peziarah bisa mengikuti Misa, prosesi, dan doa Rosario. Selain itu, beberapa tokoh agama dan pemerintahan yang akan berbagi kisah tentang Lourdes. (yp)

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat, dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*