Keren, Siswa Indonesia Sabet Emas Olimpiade Fisika Eropa

Peter Addison Sadhani (SMA Santo Aloysius 1 Bandung). (Ist.)
Peter Addison Sadhani (SMA Santo Aloysius 1 Bandung). (Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Tim Olimpiade Fisika Indonesia (TOFI) yang dibina Yayasan Sinergi Mencerdaskan Tunas Negeri (Simetri) berhasil menorehkan prestasi tingkat internasional. Lima siswa Indonesia meraih gelar dalam perhelatan European Physics Olympiad (EuPhO) ke-4 yang diadakan secara daring 20-26 Juli 2020.

BACA JUGA:

Tim ini berhasil meraih Absolute Winner, nilai tertinggi di antara semua peserta dan The Best Experimental Results atau nilai eksperimen tertinggi di antara semua peserta. Kelima siswa ini adalah:

  1. Peter Addison Sadhani (SMA Santo Aloysius 1 Bandung)
  2. Timotius Jason (Ignatius Global School Palembang)
  3. Rizky Ramadhana (SMA Taruna Nusantara, Magelang)
  4. Nixon Widjaja (SMAK IPEKA Plus BSD Tangerang)
  5. Fadli Januar (SMAN Unggulan MH Thamrin, Jakarta)

Peter, menjadi satu-satunya peraih medali emas untuk tim Indonesia. Ia meraih Absolute Winner dan Best Experiment. Peter berhasil mencapai nilai 40 dari maksimum 50. Dalam sejarah 4 tahun penyelenggaraan EuPhO, belum pernah ada siswa meraih nilai setinggi ini. Sementara, 4 rekan Peter yang lain berhasil meraih medali perak.

Tahun ini, tuan rumah EuPho adalah Rumania. Tetapi karena pandemi Covid-19, maka kompetisi digelar secara daring. Hendra Kwee, Ketua Tim Olimpiade Fisika Indonesia yang juga pendiri Yayasan Simetri mengatakan, penyelenggara EuPhO tahun ini adalah Universitas Bucharest dan Komite Akademik EuPhO yang terdiri dari 8 anggota dari berbagai negara.

EuPhO merupakan kompetisi tahunan bagi siswa SMA. Siswa diberi soal yang singkat sehingga siswa dapat memberikan jawaban secara kreatif. EuPhO tahun ini diikuti 257 siswa dari 54 tim, terdiri dari 31 negara Eropa dan 22 negara tamu, sementara Rumania mengirim 2 tim.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*