12 Pertanyaan Wawancara Masuk Universitas Cambridge yang Bikin Kamu Ketawa

Kampus Universitas Cambridge, Inggris (Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com — Universitas Cambridge di Inggris adalah salah satu universitas terkemuka di dunia. Semua orang mengakui tidak mudah masuk ke universitas ini.

Salah satu tahapan untuk diterima di universitas ini ialah menjalani tes wawancara. Dan tes wawancara ke Cambridge selama ini terkenal menakutkan. Menakutkan karena pertanyaan-pertanyaan aneh yang dilontarkan. Pertanyaan-pertanyaan yang aneh itu diajukan untuk menguji ke bagian terdalam dari kemampuan calon mahasiswa.

Berikut ini beberapa pertanyaan paling aneh yang pernah ditanyakan pada saat wawancara masuk Universitas Cambridge, dikutip dari cambrdgeshireLive (cambridge-news.co.uk).

BACA JUGA:

Mungkin kamu tersenyum bahkan tertawa membacanya. Tetapi bagi yang sedang menjalani wawancara, perlu pemikiran serius untuk memberikan jawaban yang mengesankan pewawancara.

1.Seberapa enak rasanya duduk di kursi yang sedang kamu duduki itu?

Calon mahasiswa Fakultas Hukum tidak cukup hanya menjawab “sangat nyaman, terimakasih,” untuk menjawab pertanyaan ini.

2.Coba jelaskan apa itu kentang dan kemudian bedakan dengan bawang.

Penguasaan atas Ilmu Pengetahuan Alam diharapkan akan memampukan seorang calon mahasiswa menjawab pertanyaan ini.

3.Menurut kamu Hitler itu benar-benar jahat nggak sih?

Bahkan calon mahasiswa Ilmu Sejarah pun akan merasa seperti bakal menginjak telur saat menjawab pertanyaan ini.

4.Bagaimana rusa bisa membedakan antara musim semi dan musim gugur?

Pertanyaan ini pernah diajukan kepada calon mahasiswa Kedokteran.

5.Saya akan menggambarkan peta sebagai contoh realisme yang tidak nyata. Bagaimana Anda bereaksi terhadap pernyataan itu?

Pertanyaan yang sulit bahkan untuk calon mahasiswa Geografi.

6.Apakah Anda lebih suka memakan jeruk dengan biji atau tanpa biji?

Pertanyaan ini diajukan kepada calon mahasiswa Fakultas Kedokteran di Cambridge. (Mungkinkah pertanyaan ini setara dengan pertanyaan populer di Indonesia, “Apakah kamu memakan bubur ayam dengan diaduk dulu atau tidak?”)

7.Apa arti hidup?

Pertanyaan ini diajukan kepada calon mahasiswa Fakultas Hukum. Bagi sebagian orang mungkin pertanyaan ini tidak terlalu sulit. Tapi bagi banyak orang lain, pertanyaan ini kurang nyaman untuk dijawab.

8.Apa yang akan Anda lakukan jika saya seekor burung murai?

Bagi calon mahasiswa Sains harus membayangkan diri mereka berjumpa dengan seekor murai untuk bisa membuat pewawancara terkesan dengan jawabannya.

9.Bagaimana Anda meracuni seseorang tanpa diketahui polisi?

Jangan salah kira bahwa Cambridge ingin mengajari calon mahasiswanya untuk melakukan pembunuhan berantai. Ini pertanyaan yang diajukan kepada calon mahasiswa Fakultas Kedokteran.

10.Jika seorang istri telah menyatakan ketidaksukaannya, apakah kebiasaan suaminya memasukkan selai jeruk ke dalam telur saat sarapan menjadi alasan untuk bercerai?

Para profesor ingin agar para calon mahasiswa Fakultas Hukum dapat menjawabnya dengan pemikiran mereka sendiri, dengan mengajukan pertanyaan aneh ini.

11.Berapa persen dari air di dunia yang terkandung pada tubuh seekor sapi?

Para calon dokter hewan harus melakukan perhitungan Matematika yang sangat cepat dan rumit untuk membuat pewawancara terkesan akan kecerdasan mereka.

12.Apakah Anda pikir Anda pintar?

Pengacara yang baik mana pun mungkin keberatan dengan pertanyaan semacam ini di ruang sidang, tetapi calon mahasiswa Cambridge harus menjawab pertanyaan ini.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


458 views