3 Langkah Awal Buat Branding UMKM Bagi Pemula

Nicholas Aristia dari KreatifHub di acara Berjuang dengan Berkreasi Webinar Kick Off pada Selasa, 25 Agustus 2020 (KalderaNews/Syasa Halima)

JAKARTA, KalderaNews.com – Kreatifhub bersama dengan IM3 Ooredoo dan SMESCO Indonesia mengadakan Zoom webinar untuk pelaku bisnis UMKM pada Selasa, 25 Agustus 2020. Acara ini mengundang pembicara inspiratif di bidang bisnis, yaitu Nicholas Aristia selaku Founder Kreatifhub, Leonard Theosabrata selaku Direktur Utama SMESCO Indonesia, Fahroni Arifin sebagai SVP- Head of Brand Management & Strategy, Bayu Fajri dan Beawiharta dari Segarsvara.

Nicholas Aristia menjelaskan bahwa social media presence untuk sebuah brand sangat penting agar bisa dikenal oleh khalayak umum. Fahroni Arifin dari Indosat Ooredoo pun ingin UMKM di Indonesia memiliki desain branding keren yang tak kalah dari negara lain.

Dalam diskusi tersebut, KalderaNews bertanya mengenai langkah awal untuk membuat sebuah branding. Setidaknya, ada tiga langkah awal dalam membuat branding UMKM bagi perintis.

BACA JUGA:

Tentukan Branding

Memulai sesuatu adalah hal sulit. Jika hanya dipikirkan, maka tidak akan pernah memulai. Cobalah untuk menuangkan ide mengenai nama usaha dan logo yang mudah diingat calon konsumen. Sederhana saja cukup.

Setelah itu, barulah perintis memulai branding melalui Instagram atau sosial media lainnya dengan konten foto atau video yang berhubungan dengan produk. Alangkah lebih baik Anda memiliki referensi dalam membangun citra. Bukan untuk jiplak sepenuhnya, tetapi untuk diamati dan dimodifikasi.

Kolaborasi

Jika pemula merasa kesulitan untuk membuat dan membangun konten di Instagram, tidak ada salahnya meminta bantuan kepada ahlinya. Dalam artian, pemilik berkolaborasi dengan content creator. Berhubung kolaborasi, maka harganya dapat disesuaikan dengan budget UMKM.

Dari diskusi, pemula dapat coba untuk mendaftarkan usahanya di website KreatifHub untuk kolaborasi dengan para creator. Bagi penggiat content creator juga bisa daftar melalui platform KreatifHub jika ingin membantu perkembangan UMKM.

Sesuaikan Target Pasar

Pemula harus menyesuaikan citra UMKM dengan target pasarnya. Perintis juga harus menyadari bahwa bisnis tidak selalu stagnan, adakalanya tantangan hingga memengaruhi omzet.

Itulah tiga langkah awal untuk membangun citra atau branding UMKM berdasarkan kesimpulan diskusi Berjuang dengan Berkreasi Webinar Kick Off. Semoga dapat membantu teman-teman yang ingin atau sedang merintis usaha kecil-kecilan.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*