Cara Kenalkan Sejarah Pada Anak SD-SMP Saat Belajar Di Rumah

Ilustrasi orang tua mendampingi anak saat belajar di rumah. Sejarah merupakan pelajaran yang seharusnya tidak dihafal (KalderaNews/Ist)
Ilustrasi orang tua mendampingi anak saat belajar di rumah. Sejarah merupakan pelajaran yang seharusnya tidak dihafal (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Menemani anak belajar di rumah selama pandemi Covid-19 memiliki tantangan tersendiri. Anak pun harus beradaptasi dengan metode belajar daring. Salah satu mata pelajaran yang menantang ialah Sejarah. Saat mayoritas aktivitas dilakukan di rumah, inilah saatnya orang tua mengenalkan sejarah dengan cara-cara baru kepada anak.

Belajar Sejarah Melalui Dongeng

Hendaknya orang tua rutin memeriksa lembar kerja atau LKS anak agar tahu perkembangannya. Belajar Sejarah dapat dikombinasikan dengan metode dongeng atau storytelling. Gunakan istilah-istilah yang lebih mudah dipahami oleh anak. Orang tua dapat menyampaikan makna hari bersejarah di Indonesia, seperti kemerdekaan, pertempuran Ambarawa, dan lain sebagainya.

Belajar Sejarah Dari Uang

Anak bisa mengetahui jumlah nominal uang, akan tetapi ia belum tentu mengetahui kisah pahlawan di gambarnya. Orang tua dapat mengajak diskusi anak sembari membahas gambar pahlawan. Selain jajan, anak juga mengetahui jasa pahlawan untuk Indonesia.

BACA JUGA:

Belajar Dari Internet

Hendaknya orang tua turut meningkatkan kapabilitas dalam mencari sumber sejarah di Internet. Bagi orang tua yang memiliki kelebihan dari segi biaya, video daring dapat menjadi materi tambahan yang menarik. Sambil anak belajar Sejarah dari LKS sekolah, anak juga mendapatkan visualisasinya.

Belajar Dari Kalendar

Langkah ini dapat menjadi cara untuk belajar Sejarah bersama anak saat di rumah. Lingkari dan perhatikan setiap tanggal merah, lalu kumpulkan referensi sejarahnya untuk diceritakan kepada anak. Ajak anak untuk diskusi sederhana.

Itulah beberapa cara yang dapat diterapkan orang tua saat temani anak belajar Sejarah di rumah. Proaktif menjadi kunci agak anak tidak pasif di masa pandemi Covid-19 ini.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu






Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


232 views