Duh, Orang Udah Pada Sepelekan 5 Hal Ini, Seolah Virus Covid-19 Tidak Nyata

JAKARTA, KalderaNews.com – Saat ini ada kesan orang sudah cuek-bebek dengan yang namanya virus Covid-19. Orang santai berkeliaran jalan kaki, naik motor, naik mobil tanpa mengenakan masker.

Mereka merasa paling kuat sehingga ada kesan menantang Covid-19 ini. Utamanya, siapa pun sebaiknya tetap di rumah dan hanya keluar bila memang benar-benar perlu.

Ini penting, terutama bagi orang yang berisiko tinggi, termasuk orang lanjut usia dan yang memiliki riwayat penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, dan paru.

BACA JUGA:

Menyepelekan itu berbahaya tidak hanya untuk diri sendiri, tetapi juga orang-orang sekitar. Oleh sebab itu, seperti dikutip dari situ resmi covid19 wajib hukumnya untuk tetap memperhatikan 5 hal penting ini:

  • Selalu gunakan masker saat keluar rumah. Kenapa? Karena kita mungkin membawa virus tapi tidak memiliki gejala atau hanya gejala ringan, sehingga bisa menularkan ke orang lain. Tapi masker harus dipakai dengan benar! Pastikan masker menutupi hidung, mulut, dan dagu dan hanya dipakai satu kali! Masker kain dipakai ulang setelah dicuci dengan deterjen, tetapi masker medis harus dibuang begitu sampai di rumah.
  • Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut. Saat menyentuh benda-benda yang sering disentuh orang lain seperti pegangan pintu, uang, meja makan, tangan Anda bisa terpapar virus. Mata, hidung, dan mulut merupakan pintu masuk virus.
  • Selalu ambil jarak lebih dari 1 meter dari orang-orang saat berada di luar rumah. Kadang kita merasa tidak nyaman saat ada yang berdiri terlalu dekat, semisal saat mengantri. Jangan ragu, minta dengan sopan agar mereka menjaga jarak dengan mengatakan “Maaf, tolong jaga jarak, ya”.  
  • Sering cuci tangan dengan sabun. Kita sudah sering mendengar hal ini. Tapi pastikan kita melakukannya dengan tepat, selama minimal 20 detik dan selalu lakukan saat tiba di rumah atau di tempat tujuan. Saat di luar rumah, cairan pencuci tangan yang mengandung alkohol merupakan pilihan bila sabun dan air mengalir tidak tersedia.
  • Selalu ikuti perkembangan informasi dan tangkal semua informasi palsu dan hoaks yang membingungkan masyarakat dan membuat situasi justru menjadi lebih buruk.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*