Generasi Milenial Ternyata Mulai Tertarik Masuk ke BUMD

Ajang TOP BUMD Awards 2020 (Badan Usaha Milik Daerah) di The Sultan Hotel Jakarta, Kamis, 27 Agustus 2020
Ajang TOP BUMD Awards 2020 (Badan Usaha Milik Daerah) di The Sultan Hotel Jakarta, Kamis, 27 Agustus 2020 (KalderaNews/Dok.Panitia)

JAKARTA, KalderaNews.com – Ketua Dewan Juri TOP BUMD Awards 2020, Prof. Dr. Djohermansyah Djohan, MA menyampaikan beberapa temuan menarik selama proses penjurian TOP BUMD Awards 2020 (Badan Usaha Milik Daerah) oleh majalah Top Business bersama Institut Otonomi Daerah (i-OTDA) dan Lembaga Kajian Nawacita (LKN) serta beberapa lembaga tim penilai yang resmi diumumkan di The Sultan Hotel Jakarta, Kamis, 27 Agustus 2020.

Menurutnya, semua BUMD relatif sudah mempersiapkan diri dalam menghadapi dampak pandemi Covid-19, namun perlu disusun dalam bentuk dokumen Business Continuity (panduan keberlangsungan bisnis) di era New Normal.

Temuan lainnya yakni bahwa generasi milenial mulai tertarik masuk ke BUMD, semakin banyak BPR dan BPRS yang concern serta lebih intens dan terukur untuk melakukan pemberantasan renternir atau pelepas uang dan hampir semua PDAM concern dalam hal penggunaan Teknologi Informasi, walau sebagian masih perlu ditingkatan dan BPD telah banyak melakukan sinergi dan inovasi produk.

BACA JUGA:

Setelah melalui proses penjurian 163 BUMD Finalis dari total sekitar 1.149 BUMD di Indonesia (meningkat 7% dibanding 2019 sebanyak 152 BUMD), akhirnya diresmi diumumkan BUMD terbaik di Indonesia yang mendapat penghargaan TOP BUMD level Bintang 5 sekaligus meraih penghargaan paling bergengsi yakni TOP of The TOP BUMD 2020, diataranya adalah Perumdam Tirta Kerta Raharja Kab. Tangerang, Perumda Air Minum Apa’ Mening Kab Malinau, PDAM Tirta Segah (Batiwakkal) Kab Berau, PDAM Kab Nunukan. Selain itu juga ada, Bank BJB Tbk, Bank Jatim Tbk, MRT Jakarta (Perseroda), BPR Bank Sleman, BPR Bank Bapas 69 Kab. Magelang, dan BPR Batola Kab. Barito Kuala.

Ada juga, BUMD Terbaik yang berhasil memberikan kontribusi tinggi terhadap pembangunan di daerahnya seperti PT Mahakam Gerbang Raja Migas dan PT Migas Mandiri Pratama Kaltim. Sedangkan beberapa BUMD yang banyak melakukan perbaikan (Improvement), diantaranya adalah PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) dan PDAM Kota Gorontalo serta masih ada beberapa BUMD Terbaik lainnya yang mendapatkan penghargaan TOP BUMD Awards 2020.

Ketua Penyelenggara TOP BUMD Awards 2020 sekaligus Pemimpin Redaksi Majalah Top Business, M. Lutfi Handayani menegaskan TOP BUMD Awards bukan hanya sekedar kegiatan pemberian penghargaan, namun mengedepankan aspek pembelajaran bersama, terutama untuk BUMD peserta melalui konsultasi gratis dengan para pakar dan dewan juri.

Acara TOP BUMD Awards 2020 juga disemarakkan dengan keynote speech Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin dan sambutan Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo secara daring.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat, dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*