Google Slide Buat Kelas Matematika Daring Jadi Lebih Menarik

Ilustrasi guru mengajar daring untuk pembelajaran jarak jauh selama pandemi Covid-19 (KalderaNews/Ist)
Ilustrasi guru mengajar daring untuk pembelajaran jarak jauh selama pandemi Covid-19 (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Belajar daring selama masa pandemi merupakan tantangan bagi seluruh pemangku kepentingan di dunia pendidikan. Matematika adalah salah satu pelajaran yang dipandang rumit oleh siswa. Guru pun harus berpikir keras untuk menyampaikan Matematika daring yang efektif dan mendalam.

Guru dituntut inovatif ketika mengajar daring. Demi efektivitas rumus, guru dapat memanfaatkan google slide. Fitur tersebut membuat kelas Matematika daring menjadi lebih menarik. Selain itu, dilansir dari edutopia.org bahwa Google secara otomatis menyimpan setiap dek slide dan dek dapat dibagikan dan disimpan oleh siswa. Bagaimana menggunakan dan mengakses google slide?

Buat Slide Observasi

Langkah pertama yaitu buka google melalui laman internet. Lalu, arahkan kursor ke simbol 9 titik di sebelah tulisan Images/gambar. Kemudian, pilih “Slides”. Setelah itu, guru dapat berkreasi dalam mengisi slide.

BACA JUGA:

Hendaknya guru membuat slide observasi sebagai pembuka. Ini sangat berguna untuk pemanasan siswa. Slide dapat berisi gambar matematika dan pertanyaan sederhana untuk dijawab oleh siswa. Siswa dapat memberikan tanggapan dengan mengetik pernyataan atau komentar di slide yang telah dibuat.

Mencocokkan Kolom

Setelah pemanasan, guru dapat berkreasi dengan membuat kolom berdasarkan topik Matematika yang sedang digeluti, lalu cocokan dengan kolom lain. Misalnya, kolom sebelah kanan pada sebuah slide berisi pertanyaan “berapa desimal dari 4/5?” kemudian slide sebelah kiri merupakan beragam jawaban. Layaknya mencocokkan jawaban dengan garis di majalah, sama halnya di Google Slide. Siswa bebas mencari cara untuk mencocokkan jawaban yang tepat.

Buat Slide Persamaan

Jika persamaan merupakan materi yang sedang digarap, maka guru dapat membuat slide yang berisi pertanyaan mengenai topiknya. Lalu, siswa menjawab melalui slide kosong di file sama yang guru buat. Layaknya kerja kelompok, berikan akses masuk slide kepada murid. Lalu, mereka akan “on” secara bersamaan untuk mengisi jawaban. Guru juga dapat memantau perkembangan siswa dari jarak jauh.

Buat Slide Permainan

Guru dapat berkreasi dengan membuat slide game, sehingga kelas daring menjadi lebih menarik. Menurut edutopia.org, slide game merupakan alat pedagogi yang dapat menguji pemahaman siswa selama belajar. Jika belum ada ide permainan, maka guru dapat pelajari tips dari Dr. Theresa Wills, seorang ahli instruksi online di George Mason University. Kontennya selalu up to date di Youtubenya untuk para tenaga pendidik.

Itulah langkah membuat Google Slides pelajaran Matematika yang membuat murid dapat berkolaborasi. Pemanfaatan teknologi memang butuh adaptasi, akan tetapi semua dapat dipelajari dengan cepat. Meskipun masih tampak tidak dapat diatasi, minimal guru Matematika tahu cara membuat siswa semangat di kelas daringnya.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*