Kemendikbud Terbitkan Kurikulum Darurat, Bisa Cek di Sini

Ilustrasi: Kurikulum baru akan diterapkan mulai tahun ajaran 2021/2022. (Ist.)
Ilustrasi: Kurikulum baru akan diterapkan mulai tahun ajaran 2021/2022. (Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menerbitkan keputusan tentang kurikulum darurat yang dapat digunakan satuan pendidikan pada masa pandemi Covid-19. Keputusan tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 719/P/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus.

BACA JUGA: 

“Kurikulum pada satuan pendidikan dalam kondisi khusus memberikan kemudahan bagi sekolah untuk memilih kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran siswa,” ujar Mendikbud Nadiem Anwar Makarim.

Kurikulum darurat ini untuk memberikan fleksibilitas bagi satuan pendidikan menentukan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran. Untuk mengunduh kurikulum tersebut bisa cek di sini.

Melalui laman itu, Kemendikbud menyediakan kurikulum darurat bagi jenjang SD/sederajat, jenjang SMP/sederajat, serta jenjang SMA/sederajat. Pun disediakan Modul Pembelajaran bagi jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Modul Pembelajaran bagi jenjang SD/MI tahap satu hingga empat.

Nadiem berharap, kurikulum darurat ini dapat memudahkan proses pembelajaran di masa pandemi. Guru pun memiliki acuan kurikulum yang sederhana, sehingga dapat berfokus pada pendidikan dan pembelajaran esensial dan kontekstual.

Sementara, siswa tidak lagi dibebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum dan dapat berfokus pada pendidikan dan pembelajaran yang esensial dan kontekstual. Orangtua siswa juga lebih mudah dalam mendampingi pembelajaran di rumah.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


633 views