Langkah Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya Wujudkan Swasembada Daging Nasional

Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya berkolaborasi dengan Bank Indonesia (BI) menggalakkan swasembada daging nasional di Desa Senggreng, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang (KalderaNews/ Dok. Universitas Brawijaya)

MALANG, KalderaNews.com – Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya berkolaborasi dengan Bank Indonesia (BI) mewujudkan swasembada daging nasional. Dilansir melalui situs resmi Universitas Brawijaya (UB), swasembada dilakukan untuk menambah pembibitan sapi potong lokal. Dengan demikian, populasi sapi potong dapat meningkat dan menekan jumlah impor serta produk olahannya.

Tim Pusat Studi Ternak Pedaging UB dan Bank Indonesia (BI) mengawali langkah kluster swasembada daging nasional di Desa Senggreng Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang. Lokasi tersebut dipilih berdasarkan survey yang mengatakan bahwa kelompok ternak di sana memiliki potensi untuk pengembangan bibit sapi potong.

“Menurut hasil survey dan pengamatan kami, kelompok ternak disana memiliki potensi untuk penerapan program pembentukan klaster pembibitan sapi potong. Oleh karenanya kami ingin membuat sebuah percontohan sistem pembibitan sapi potong yang berbasis komersil. Kegiatan yang kami lakukan bersinergi dengan program pemerintah bernama SIKOMANDAN,” jelas Prof. Trinil Susilawati selaku Dosen Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya.

BACA JUGA:

Sosialisasi dan pelatihan dilakukan secara tatap muka dengan memerhatikan protokol kesehatan. Selain itu, tim dari BI memberikan pendampingan Inseminasi Buatan (IB) double dosis (dua straw untuk satu kali IB) kepada 53 ekor sapi.

Prof. Trinil berharap program kluster sapi potong di Desa Senggreng dapat menuai kesuksesan seperti binaan kelompok sebelumnya di Desa Kabupaten Tuban dan Kabupaten Bojonegoro.

“Kami berharap program klaster sapi potong di Desa Senggreng juga menuai kesuksesan seperti kelompok ternak binaan kami di Kabupaten Tuban dan Kabupaten Bojonegoro,” ujarnya.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat, dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*