Mantap Nih, Kamera DSLR dan Mirrorless Bisa Disulap Jadi Webcam

Ilustrasi: Kamera DSLR dan mirrorless kini bisa diubah menjadi webcam. (Ist.)
Ilustrasi: Kamera DSLR dan mirrorless kini bisa diubah menjadi webcam. (Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com– Gaes, jika kamu pemilik kamera DSLR atau mirrorless besutan pabrikan Nikon dan Canon, sekarang bisa dipakai sebagai pengganti webcam. Sehingga bisa digunakan untuk video conferencing atau live streaming.

Tapi untuk merek Nikon, kamu mesti memakai aplikasi Nikon Beta Webcam Utility (versi 0.9.0) yang baru dirilis, hal itu bisa dilakukan tanpa butuh capture card terpisah. Kualitas video kamera DSLR dan mirrorless tentu lebih tinggi dibanding kebanyakan webcam.

BACA JUGA:

Inovasi Nikon ini mengikuti jejak pabrikan kamera lain, seperti Canon, Fujifilm, serta Panasonic yang telah lebih dulu merilis aplikasi serupa untuk produk kameranya.

Nikon Beta Webcam Utility memungkinkan pengguna menghubungkan kamera ke komputer lewat port USB. Lalu, tinggal pilih fitur “Webcam Utility” sebagai sumber video di aplikasi telekonferensi atau live streaming untuk menampilkan gambar tangkapan kamera.

Tetapi, tak semua kamera Nikon bisa dipakai sebagai webcam dengan utility ini. Nikon Beta Webcam Utility kompatibel dengan semua model mirrorless pabrikan Nikon, termasuk model terbaru seperti Z5. Selain itu juga untuk DSLR NikonD6, D850, D780, D500, D7500, dan D5600. Model DSLR entry-level D3500 tak masuk daftar kompatibilitas, pun dengan kamera saku dari jajaran Coolpix.

Nikon juga memberi catatan tentang beberapa persoalan yang mungkin muncul saat menggunakan DSLR atau mirrorless sebagai webcam, seperti temperatur kamera yang cepat panas bila dipakai berlama-lama atau baterai yang juga cepat habis. Nikon Beta Webcam Utility juga baru tersedia untuk komputer dengan sistem operasi Windows 10.

Sementara untuk kamu pengguna kamera pabrikan Canon tipe DSLR, mirrorless, serta high-end point and shoot Canon juga bisa menggunakan kameranya sebagai webcam. Caranya dengan menggunakan tool software bernama EOS Webcam Utility Beta yang baru dirilis Canon, berikut kabel USB untuk menghubungkan kamera ke PC atau laptop.

Software versi beta ini membantu pengguna meningkatkan penampilan di video saat menggunakan aplikasi telekonferensi populer, serta memberikan tampilan lebih jelas dan berkualitas. Karena masih berstatus “beta”, pengguna EOS Webcam Utility masih akan menjumpai bug selama pemakaian. Tool ini juga baru tersedia untuk sistem operasi Windows 10 64-bit.

Sejauh ini ada 25 kamera compact, mirrrorless, dan DSLR Canon yang bisa “disulap” menjadi webcam, mulai dari PowerShot G5X Mark II, EOS R, hingga model teratas EOS-1DX Mark Mark III.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*