Penyebaran Covid-19 pada Anak, Begini Catatan Ikatan Dokter Anak

Ilustrasi: Anak masih belajar online di rumah. (Ist.)
Ilustrasi: Anak masih belajar online di rumah. (Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Pandemi Covid-19 belum usai. Semua pihak diminta tetap menerapkan protokol kesehatan dalam setiap aktivitas harian. Terkait penyebaran Covid-19 di kalangan anak-anak, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) memberikan beberapa rekomendasi.

BACA JUGA:

Berikut ini rekomendasi IDAI:

  1. Tetap tidak merekomendasikan anak untuk keluar rumah, termasuk kegiatan tatap muka di sekolah hingga situasi pandemi Covid-19 di Indonesia memenuhi kriteria epidemiologi WHO, kecuali jika ada kebutuhan yang mendesak, seperti ke rumah sakit.
  2. Jika dalam keadaan mendesak terpaksa keluar rumah maka: untuk anak usia dibawah 2 tahun, hindari penggunaan masker. Sebagai alternatif untuk kelompok usia ini dapat menggunakan faceshield atau kereta dorong berpenutup dengan pengawasan yang ketat dari orangtua atau pengasuh selama menggunakan faceshield atau penutup tersebut.
  3. IDAI tetap menganjurkan penggunaan masker dan faceshield pada anak usia 2 tahun ke atas, kecuali terdapat masalah medis yang menghalangi anak-anak tersebut untuk menggunakan masker seperti gangguan mental dan kognisi, penyakit jantung dan paru kronik.
  4. Orangtua dianjurkan untuk mulai memperkenalkan penggunaan masker pada anak usia 2 tahun selama di rumah. Ajari anak cara pakai yang benar dan tingkatkan durasinya secara bertahap.
  5. Jenis masker yang digunakan adalah masker kain 3 lapis
  6. Anak harap selalu didampingi orangtua dan atau pengasuhnya
  7. Anak tetap harus menjaga jarak fisik sejauh 2 meter
  8. Menjauhi orang yang sakit
  9. Melakukan cuci tangan atau kebersihan tangan sesering mungkin
  10. Menghindari memegang mulut, mata dan hidung.
  11. Penggunaan masker, faceshield dan alat pelindung diri lainnya tidak serta merta mencegah penularan Covid-19. Perlindungan terbaik saat ini adalah mencegah paparan infeksi dengan tetap berada di rumah.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*