Sunyi dan Hening HUT Ke-5 SMAK Seminari dan Ke-33 Seminari Yohanes Paulus II Labuan Bajo

SMAK Seminari dan Seminari Yohanes Paulus II Labuan Bajo
Peserta didik SMAK Seminari dan Seminari Yohanes Paulus II Labuan Bajo (KalderaNews/Ist)

Laporan Khusus: Faldy Edy Burga (Siswa Kelas XI SMAK SEMYOPAL II Labuan Bajo)

LABUAN BAJO, KalderaNews.com – Keluarga Besar Civitas Akademika Seminari Santo Yohanes Paulus II atau sering disebut SEMYOPAL II Labuan Bajo, Manggarai Barat, Flores – NTT merayakan hari jadi ke-33 di tengah pandemi Covid-19 pada Selasa, 25 Agustus 2020 lalu.

Bersamaan dengan merayakan hari jadinya yang ke-33, lembaga calon imam katolik (seminari) yang berada di ibu kota Kabupaten Manggarai Barat ini, juga merayakan berdirinya Sekolah Menengah Agama Katolik (SMAK) Seminari yang ke-5 tahun.

Berdirinya SMAK Seminari St. Yohanes Paulus II Labuan Bajo pada 5 tahun silam menjadi era baru dalam sejarah pendidikan lembaga ini.

Pada era sebelumnya, SEMYOPAL II, yang terletak di Jln Mgr. Van Bekkum, Wae Kelambu, Komodo, Kabupaten Manggarai Barat ini, hanya mendidik siswa laki-laki. Tetapi sejak diresmikannya SMAK Seminari pada 25 Agustus 2016 silam oleh Dirjen Bimas Katolik Kementerian Agama Republik Indonesia, Eusabius Binsasi kala itu, lembaga pendidikan ini mulai menerima siswa perempuan untuk dididik dan dibina sama seperti siswa seminari calon imam.

BACA JUGA:

Setiap tahun, pesfam (pesta family) atau perayaan HUT Semyopal menjadi momen yang ditunggu-tunggu para seminaris dan siswa/i SMAK. Pesfam menjadi momen sukacita, gembira, kompetisi, aktualisasi diri, dan dan ajang penemuan bakat dan potensi diri, dan sebagainya. Kegembiraan, sukacita, kompetisi, dan sebagainya itu dimungkinkan lewat kemasan perayaan pesfam yang sangat meriah. Ada beragam lomba dan kompetisi yang dilakukan, baik perorangan maupun kelompok. Beragam lomba dan kompetisi mulai dari olahraga, pentas seni, akademik, dan lain-lain.

Momen Dies Natalis merupakan kesempatan bagi secivitas akademi Seminari dan SMAK Seminari Santo Yohanes Paulus II mengembangkan potensi diri dengan mengikuti berbagai lomba yang diselenggarakan oleh panitia perayaan Dies Natalis.

Namun, perayaan Dies Natalis Seminari dan SMAK Seminari Santu Yohanes Paulus II Labuan Bajo tahun ini sungguh berbeda.

Cerita tentang kemeriahan, gegap gempita dan sukacita pesfam tidak terdengar lagi. Semuanya seakan berjalan dalam sunyi dan hening. Semua siswa/i belajar dari rumah. Dan karena itu, sebagian besar merasa kecewa dan kehilangan momen yang dinanti-nantikan ini.

Mengingat pandemi Covid-19 yang masih mewabah, perayaan HUT SEMYOPAL II Labuan bajo dilaksanakan secara sederhana dengan mengikuti protokol kesehatan. Perayaan HUT hanya dihadiri oleh para guru dan beberapa siswa serta orang tua yang ada di sekitar kota Labuan Bajo.

Walaupun demikian, civitas akademika SEMYOPAL II Labuan Bajo tidak kehilangan rasa syukur. Walau pandemi Covid-19 membuat sebagian besar seminaris tidak puas dengan perayaan pesfam tahun ini, itu sama sekali tidak menghilankan rasa syukur dan bangga atas HUT SEMYOPAL yang ke-33 dan SMAK Seminari yang ke-5.

Perayaan syukur dirayakan dalam Ekaristi Kudus yang dipimpin oleh RD. Didimus A. Mbembo, Pr (Kepada SMAK Seminari) dan didampingi RD. Sonny Selatan, Pr pada Selasa, 25 Agustus 2020 sore hari. Perayaan ini sebagai ungkapan syukur kepada sang penyelenggara Ilahi, yang telah memulai karya-Nya dalam diri alm. RP. Juray Voyenciak, SVD, dalam mendirikan lembaga pendidikan calon imam pada 33 tahun silam ini.

Dalam khotbahnya RD. Sonny Selatan, Pr menggarisbawahi pentingnya nilai kesetiaan tertanam dalam diri setiap orang yang menjadi bagian dari lembaga SEMYOPAL, terutama bagi para siswa/i yang sedang belajar dan juga para karyawan/i yang mengabdi.

Ia juga berharap agar lembaga SEMYOPAL terus mendidik dan melahirkan pribadi-pribadi berkualitas, berintegritas di masa depan.

“Semoga di usia yang ke-33 dan ke-5 Seminari dan SMAK Seminari bisa mendidik anak yang berkualitas, yang memiliki integritas diri, dan tentunya jujur dalam bertutur dan dalam bertindak,” kata Romo Pendamping KPB (Kelas Persiapan Bawah) ini.

Sayangnya, perayaan syukur kali ini tidak dihadiri oleh Romo Praeses dan Romo Prefek SEMYOPAL II Labuan Bajo, RD. Laurensius Sopang, Pr dan, RD. Emilianus Sarimas, Pr dikarenakan masih mengikuti retret para imam di Wae Lengkas, Ruteng, Manggarai, Flores – NTT.

Civitas Akademi Seminari dan SMAK SEMYOPAL II Labuan Bajo sadar bahwa waktu 33 tahun dan 5 tahun itu merupakan kasih Allah yang sungguh luar biasa.

Walaupun merasa kecewa karena tidak bisa hadir dalam perayaan dies Natalis seminari dan SMAK SEMYOPAL II, siswa/i yang masih dirumahkan sejak Maret lalu, masih bisa mengucapkan selamat atas HUT almamater tercinta.

Salah seorang siswi SMAK Seminari, Katarina Rosa Leonida, mengungkapkan rasa sedih dan kekecewaannya karena tidak terlibat langsung pada momen HUT SEMYOPAL tahun ini.

“Saya merasa ada yang hilang begitu. Pokoknya galau sekali ikut pesfam dari rumah, macam ada kehilangan sesuatu yang berarti. Apa lagi ada timbul rasa cemburu karena lihat teman yang lain bisa ikut pesfam,” ungkap siswi kelas XII program IPA ini.

“Tetapi saya masih merasa bahagia, walaupun hanya ikut dari rumah saja dan bersyukur karena SEMYOPAL masih bisa merayakan hari istimewa nya,” imbuhnya.

SMAK Seminari dan Seminari Yohanes Paulus II Labuan Bajo
SMAK Seminari dan Seminari Yohanes Paulus II Labuan Bajo (KalderaNews/Dok. Pribadi)

Selain itu, Yulius Sumarno, siswa kelas XI program IPS juga mengungkapkan kesedihannya lantaran tidak terlibat langsung dalam perayaan HUT seminari. Namun, demi kesehatan yang menjadi hal utama, ia tetap merasa bersyukur.

“Saya merasa bahwa pesfam kali ini kurang baik karena hari besar yang istimewa ini hanya bisa dirayakan dari rumah. Tetapi karena situasi saat ini tentu kesehatan menjadi sangat penting. Semoga SEMYOPAL tetap jaya,” katanya.

Keunikan lain dalam perayaan HUT SEMYOPAL ke-33 dan SMAK Seminari ke-5 tahun ini datang dari para alumni. Dalam video yang berdurasi 8 menit, yang diunggah pada akun YouTube milik Andry Ceko, para alumni SEMYOPAL II yang berdomisili di Jakarta mengungkapkan sukacita dan ucapan selamat atas hari jadi almamater. Alumni senior, Sebatian Salang mengungkapkan rasa bangga dan apresiasinya atas pencapaian dan prestasi SEMYOPAL hingga saat ini.

Menurutnya, Seminari Yohanes Paulus II Labuan Bajo telah berhasil membuktikan dirinya sebagai sebuah wadah pendidikan, pembinaan dan pembangunan karakter dan mental bagi anak-anak didiknya.

“Saya mengucapkan selamat dan profisiat atas HUT yang ke-33 untuk almamater tercinta ini. Tetap eksis dan tetap menjaga mutu dan kualitas pendidikannya,” ungkap Wakil Sekjen Partai Golkar itu.

Ucapan menarik juga datang dari seorang misonaris Societas Verbi Divini (SVD) yang berkarya di Jerman, Pater Vinsentius Adi Gunawan Meka, SVD. Ia menyampaikan ucapan selamat dan profisiatnya dalam Bahasa Manggarai – Flores.

“Aku Pater Vinsentius Adi Gunawan Meka, SVD, lau mai Jerman. Katu latang almamater daku, Seminari Yohanes Paulus II Labuan Bajo, tabe leso hese, tabe leso jari, langkas haeng ntala uwa haeng wulang. Berkak agu semeng de Mori Mese – Saya Pater Vinsentius Adi Gunawan Meka, SVD dari Jerman mengucapkan selamat hari jadi untuk almamater tercinta, Seminari Yohanes Paulus II Labuan Bajo. Terus bertumbuh dan berkembang. Berkat Tuhan menyertai,” ungkap Dosen Antrorpologi dan Etnologi di Sankt Augustin Jerman itu.

Menyambut hangat ucapan dan profisiat dari beberapa alumni dalam video itu, Praeses SEMYOPAL II Labuan Bajo, RD. Luarensius Sopang, Pr menyampaikan ucapan terima kasih melalui kolom chat kanal YouTube.

Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa perayaan HUT SEMYOPAL II tahun ini dirayakan secara sederhana dan hanya dihadiri oleh beberapa siswa di sekitar kota Labuan Bajo.

“Terima kasih banyak atas ucapan SELAMAT HUT ke-33 dari para alumni. Kami tidak merayakannya dengan meriah hari ini karena semua siswa dan siswi dirumahkan kembali sesudah mereka datang pada awal tahun sekolah. Saya sendiri dan RD Emil Sariman, Pr masih ikut retret para imam di Wae Lengkas. Mereka yg tinggal di rumah merayakannya secara sederhana dengan beberapa siswa/i seputar Labuan Bajo,” tulis Romo Laurensius pada kolom komentar akun YouTube Andry Ceko.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


1,015 views