2 Mahasantri Program Beasiswa Santri Berprestasi Juara Kaligrafi dan Nasyid di Mesir

2 Mahasantri Program Beasiswa Santri Berprestasi Juara Kaligrafi dan Nasyid di Mesir
Dua mahasiswa santri berprestasi itu adalah Sayyidah Umi Kulsum dan Siti Jazilah. Keduanya berasal dari Pesantren Al-Hikmah 2 Sirampog Brebes Jawa Tengah (KalderaNews/Dok. Kemenag)

KAIRO, KalderaNews.com – Ketua Community of Santri Scholars of Ministry of Religious Affairs (CSSMoRA) Regional Kairo Egi, Riyanto menyampaikan dua mahasantri Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) Kemenag menjadi juara lomba kreativitas dan pengembangan bakat di Al-Azhar, Mesir yang digelar oleh Grand Syekh Al-Azhar Cairo University Syekh Ahmad Thoyyib bersama Al-Azhar Cairo Parliament pada 23 Juli 2020 lalu.

Kompetisi ini digelar secara daring dan pengiriman karya, khusus bagi kalangan pelajar putri, baik itu mahasiswi Universitas Al-Azhar maupun Ma’had Al-Azhar.

Dua mahasiswa santri berprestasi itu adalah Sayyidah Umi Kulsum dan Siti Jazilah. Keduanya berasal dari Pesantren Al-Hikmah 2 Sirampog Brebes Jawa Tengah. Keduanya mengikuti cabang seni Kaligrafi dan Nasyid. Saat diumumkan, keduanya berhasil meraih Juara 1 pada cabang yang diikutinya.

BACA JUGA:

Ada pun cabang lomba dan seni yang dilombakan cukup banyak, antara lain cabang tahfizhul Qur’an, musabaqah tilawatil Qur’an, puisi dan prosa bahasa Arab, gambar dan kaligrafi, kerajinan tangan, fotografi, jahit-menjahit, bercerita, serta nasyid.

Capaian ini diapresiasi Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Waryono. Menurutnya, prestasi keduanya menunjukkan mahasantri PBSB di Al-Azhar Kairo mampu bersaing dengan para mahasiswi utusan lebih dari sepuluh negara yang ikut berlomba.

“Tidak hanya berprestasi dalam akademik, tapi juga non-akademik,” tuturnya.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*