6 Kunci Sukses Influencer, Gak Cuma Tenar, Tapi Harus Bermakna

Ilustrasi: Kunci sukses menjadi influencer. (Ist.)
Ilustrasi: Kunci sukses menjadi influencer. (Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi rupanya membuka pilihan karier baru pula. Dengan modal kamera dan smartphone saja, kamu sudah bisa meraup pundi-pundi penghasilan dengan menjadi influencer.

Pasti kamu tahu dong influencer? Influencer tak hanya sebuah fenomena di jagat media sosial saja, ia telah menjelma menjadi peluang baru. Bahkan mungkin banyak di antara kalian yang ingin menjadi influencer.

BACA JUGA:

Nah, menjadi influencer itu tak cukup hanya tenar saja. Saat ini, yang dibutuhkan adalah influencer yang memberi makna dalam setiap postingannya di media sosial. Maka, simak 6 kunci sukses menjadi influencer yang bisa menyebarkan konten-konten positif untuk masyarakat:

Pahami cara mengelola akun media sosial
Mainan para influencer itu adalah media sosial. Maka hal pertama yang mesti dipahami adalah cara kerja dan cara mengelola akun media sosial. Pelajari seluk beluk media sosial yang hendak kamu gunakan, mulai dari cari buat akun, mencari pengikut atau pertemanan, cara posting konten, dan yang lain.

Selain itu, kamu juga mesti tahu dan paham tentang aturan atau hukum terkait media sosial, misal mengenai Undang-Undang tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Lantaran sudah banyak kasus hukum karena konten di media sosial.

Influencer yang sukses dan berkualitas itu harus taat hukum yang berlaku, misal tidak mencemarkan nama baik orang lain atau lembaga tertentu, tidak menyebar berita palsu alias hoax, serta tidak menebarkan kebencian atas nama agama, ras, dan suku.

Punya keterampilan yang menjual
Nah, ini juga penting kamu miliki untuk menjadi influencer. Kamu mesti gali minat, bakat, dan keterampilan kamu yang bisa kamu jual di media sosial.

Keterampilan ini penting untuk menunjang pembuatan konten-konten kreatif yang diminati netizen. Misal kamu punya keterampilan main musik. So, kamu bisa membuat konten di media sosial dengan menonjolkan bakat kamu dalam bermusik.

Selain itu, carilah cara membuat konten yang berbeda dengan konten-konten yang lain, tapi tetap kreatif dan berkualitas alias tidak asal-asalan demi memuaskan para pengikut.

Jangan bikin konten “sampah”
Kini, membuat konten viral itu tidak sulit, namun tak semua konten viral itu berkualitas. Nah, dalam membuat konten kamu mesti memikirkan dampak atau pengaruhnya bagi para pengikut kamu dan juga masyarakat luas.

Maka, hindari membuat konten “sampah”! Konten “sampah” atau yang memiliki dampak negatif sebaiknya dihindari. Jangan pula hanya mengejar jumlah pengikut, kamu tergiur membuat konten “sampah”.

Selalu tebarkan semangat positif
Influencer yang berkualitas terlihat dari setiap postingannya. Maka, selalu buat konten-konten positif, yang memberikan nilai manfaat bagi masyarakat. Media sosial mesti dipakai untuk menyebarkan pesan-pesan positif bagi masyarakat.

Bangun jejaring
Nah, jika akun media sosial kamu sudah mulai berkembang, saat kamu untuk lebih mempromosikan media sosial kamu itu. Caranya, ikutlah kegiatan yang sesuai dengan konten-konten di aku media sosial kamu. Misal kamu banyak posting tentang musik, maka jika ada event musik, kamu mesti ikuti untuk menambah wawasan dan jejaring.

Lewat perjumpaan baik secara virtual maupun tatap muka, lambat laun jaringan kamu akan terus bertambah dan berkembang. Dari situlah biasanya muncul ide-ide untuk mengembang bisnis yang bisa salig menguntungkan.

Hindari beli followers
Nah, ini juga harus kamu hindari jauh-jauh. Caranya adalah dengan membuat konten-konten yang berkualitas dan secara rutin kamu posting. Sebaiknya kamu membuat jadwal yang terencana untuk memposting konten di media sosial. Misal, setiap satu atau dua, kamu harus posting konten di media sosial. Bukan sembarang konten, tapi mesti yang berkualitas.

Menjadi seorang influencer sukses dan berkualitas tentu butuh waktu dan kerja keras, sama seperti pilihan karier lainnya. Maka, teruslah gunakan kreativitas dan koneksi yang kamu punya untuk mengembangkan akun media sosial kamu. Semoga berhasil!

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*