Beasiswa S2 Paling Gokil ke Inggris Chevening Tutup 2 November 2020, Buruan Daftar!

Penerima Beasiswa Chevening
Penerima Beasiswa Chevening (KalderaNews/Chevening)

JAKARTA, KalderaNews.com – Beasiswa Chevening yang banyak ditunggu-tunggu sudah dibuka kembali, meski saat ini sedang di masa pandemi Covid-19. Beasiswa S2 (Master) dari pemerintah Inggris ini terbuka untuk warga negara Indonesia atau WNI yang ingin melanjutkan studi di berbagai universitas ternama di Inggris.

Beberapa universitas yang bekerja sama dengan program beasiswa luar negeri S2 Chevening ialah Birkbeck University of London, Bournemouth University, Brunel University London, Cardiff University, Durham University, LSE, Newcastle University, Oxford Centre for Islamic Studies dan Queen Mary University of London.

Diketahui, Chevening adalah program beasiswa dari Pemerintah Inggris yang menawarkan kesempatan unik bagi para pemimpin masa depan. Beasiswa ini diberikan pada para profesional berprestasi dari seluruh dunia untuk menggondol gelar master selama satu tahun dalam bidang apa pun di universitas di Inggris.

BACA JUGA:

Chevening menyediakan beasiswa yang didanai penuh sehingga membuat penerima bebas untuk fokus pada pencapaian tujuan akademik dan menikmati pengalaman. Penerima beasiswa akan tinggal dan belajar di UK selama satu tahun, dimana selama itu akan berkembang secara profesional dan akademis, menumbuhkan jaringan, menikmati budaya UK, dan membangun hubungan positif yang langgeng dengan UK.

Beasiswa penuh ini mencakup biaya kuliah, kebutuhan bulanan, biaya perjalanan ke dan dari Inggris,tunjangan kedatangan, tunjangan kepulangan, biaya satu kali permohonan visa dan biaya perjalanan untuk menghadiri acara Chevening selama studi di Inggris.

Secara lebih rinci beasiswanya mencakup biaya kuliah universitas, biaya visa bagi penerima beasiswa, biaya keberangkatan dan kepulangan menuju tempat tinggal penerima beasiswa, tunjangan kedatangan, tunjangan keberangkatan, tunjuangan hidup pribadi per bulan (biaya akomodasi dan hidup), tunjangan top-up perjalanan hingga penambahan biaya sebesar 75 poundsterling atau setara dengan Rp 1,4 juta untuk pengujian tuberkulosis bila diperlukan.

Persyaratan untuk pelamar:

  • Warga negara Indonesia
  • Bersedia kembali ke Indonesia jika beasiswa berakhir
  • Menuntaskan semua komponen gelar sarjana (S1) dengan minimal IPK antara 3,33 – 3,67
  • Memiliki minimal 2 tahun pengalaman kerja (setara dengan 2.800 jam)
  • Mendaftar pada 3 program berbeda di universitas Inggris yang memenuhi syarat dan telah menerima penawaran masuk tanpa syarat dari salah satu pilihan tersebut.

Jika terpilih dan lolos seleksi untuk menerima beasiswa Chevening, penerima bisa memilih hampir semua jurusan yang ada di Inggris. Kendati demikian, seleksi untuk mendapatkan beasiswa bergengsi ini tidak mudah.

Diketahui, beasiswa Chevening dimulai pada tahun 1983 dan berkembang menjadi salah satu beasiswa bergengsi. Penerima beasiswa ini sendiri datang dari 160 negara dan wilayah di seluruh dunia. Ada sekitar lebih dari 50 ribu alumni Chevening di seluruh dunia yang kini bekerja di berbagai posisi-posisi strategis di berbagai bidang.

Setiap tahun setiap pelamar harus bersaing ketat dengan pelamar lainnya. Penerima beasiswa tentu harus memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik agar bisa menyesuaikan dengan lingkungan pendidikan di Inggris.

Tahapan seleksi butuh waktu minimal 8 bulan dari batas waktu pendaftaran:

  • Pendaftaran ditutup pada Minggu, 2 November 2020 pukul 19.00 WIB
  • Panitia memeriksa kriteria kelayakan pendaftar pada 4 November 2020
  • Panitia memberikan penilaian pada aplikasi yang memenuhi syarat (pertengahan November – Desember 2020)
  • Kedutaan Inggris membuat daftar pendek untuk orang-orang yang masuk dalam tahap wawancara pada Februari 2021
  • Batas pengiriman dokumen dan 2 surat rekomendasi jatuh pada 22 Februari 2021
  • Wawancara akan berlangsung dari 1 Maret hingga 30 April 2021
  • Hasil wawancara mulai diumumkan sejak awal Juni 2021
  • Perkuliahan akan dimulai pada September/Oktober 2021 di Inggris.

Berbicara soal kelebihan beasiswa Chevening dibanding yang lain, waktu belajar boleh dibilang sangat singkat. Penerima beasiswa cukup menempuh studi selama satu tahun untuk mendapatkan gelar master.

Untuk tahun akademik 2021-2022 pendaftarannya telah dibuka sejak Jumat, 4 September 2020 lalu dan akan ditutup pada Minggu, 2 November 2020. Informasi lengkap beasiswa ini ulik di laman resmi Beasiswa Chevening 2020.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*