Bingung Pilih Sekolah Saat Pandemi Covid-19? Ini Solusinya!

Ilustrasi orang tua dan anak siap-siap sekolah (KalderaNews/Ist)
Ilustrasi orang tua dan anak siap-siap sekolah (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Pandemi Covid-19 membuat semua masyarakat Indonesia, khususnya Jakarta, beraktivitas di rumah. Pandemi ini sangat memengaruhi sendi-sendi kehidupan di bidang pendidikan, seperti memilih sekolah. Orang tua tidak bisa datang langsung ke lokasi untuk melihat fasilitas atau bertatap muka dengan pendidik.

Jika orang tua bingung memilih sekolah di tengah wabah pandemi Covid-19, maka ada aspek selain fasilitas yang dapat diperhatikan supaya tidak salah pilih. Paling utama ialah perhatikan aspek psikologisnya.

Tahu Kebutuhan Dasar Anak

Hal paling utama sebagai pertimbangan memilih sekolah ketika pandemi ialah mengetahui kebutuhan dasar buah hati. Contohnya ialah kebutuhan anak untuk merasa mampu. Kenali karakteristik sekolah dengan bertanya kepada guru secara virtual seperti, apakah anak memiliki kesempatan untuk mengikuti kompetisi meskipun ia tidak berprestasi? Tanyakan pertanyaan terkait tumbuh kembang anak.

BACA JUGA:

Dapat Membantu Pencapaian Tujuan Jangka Panjang Orang Tua

Usahakan pilih sekolah yang memiliki nilai atau prinsip serupa dengan orang tua. Misalnya, orang tua ingin anak sehat, namun belajar di rumah tetap efektif, maka cobalah bertanya kepada sekolah sistematika belajar selama pandemi Covid-19. Jika sekolah memiliki fasilitas daring yang memadai, maka orang tua dapat mempertimbangkan faktor tersebut.

Menilai Sekolah Melalui Website

Dengan belum dibukanya sekolah-sekolah, maka orang tua dapat menilai kinerjanya melalui situs resmi sekolah. Para orang tua juga dapat menilai berdasarkan rekomendasi dan review orang tua yang telah menyekolahkan anaknya terlebih dahulu. Selain itu, berbagai kegiatan yang digelar secara online misalnya virtual open house juga bisa dijadikan rujukan untuk melihat lebih jauh.

Itulah kiat singkat memilih dan menilai sekolah saat wabah pandemi Covid-19. Pihak sekolah juga harus berbenah mengenai sistem pendidikan daring. Dengan begitu, orang tua percaya untuk menitipkan anaknya pada sekolah pilihan.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*