Binus dan BI Andalkan Bidang Digital Ekonomi di Kampus Merdeka

Bank Indonesia (BI), Universitas Bina Nusantara (Binus), dan 6 universitas lainnya mengandalkan subyek Digital Ekonomi program Kampus Merdeka (KalderaNews/Dok.Binus University).
Bank Indonesia (BI), Universitas Bina Nusantara (Binus), dan 6 universitas lainnya mengandalkan subyek Digital Ekonomi program Kampus Merdeka (KalderaNews/Dok.Binus University).

JAKARTA, KalderaNews.com – Bank Indonesia (BI) mendukung program kampus merdeka yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Bentuk dukungan tersebut berupa aktivitas pembelajaran, proyek penelitian dan pengalaman kerja di area BI. Demi merealisasikan kegiatan tersebut, BI melalui BI Institut bekerja sama dengan 7 universitas, yakni Universitas Bina Nusantara (Binus), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Universitas Airlangga (Unair), dan Universitas Padjajaran (Unpad).

Dikutip melalui laman Binus University, Perry Warjiyo selaku Gubernur BI terdapat dua bidang yang akan mendukung program kampus merdeka, yaitu kebanksentralan dan digital ekonomi. Kedua hal tersebut dapat mendukung pembentukan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul.

“Dua bidang studi akan men­jadi andalan dalam Kampus Merdeka adalah ilmu ke­banksentralan, lewat ilmu ekonomi makro, ilmu moneter, sistem keuangan dan sistem pembayaran. Demikian juga digital ekonomi, dua itu (bank sentral dan digital ekonomi) yang menjadi andalan Kampus Merdeka di Bank Indonesia,”  tuturnya.

BACA JUGA:

Ia menambahkan bahwa BI dan tujuh universitas, termasuk Binus, ingin para mahasiswa mendalami konsep kebanksentralan dari segi lain. Bukan hanya ekonomi, manajemen, dan hukum, akan tetapi juga ilmu digital yang berhubungan dengan teknologi informasi, statistik, dan matematika.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat, dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*