Dies Natalis Universitas Terbuka (UT), Menjadi Role Model Kuliah Online

Dies Natalis Universitas Terbuka ke-36, menjadi role model pembelajaran jarak jauh. (KalderaNews.com/Dok. UT)
Dies Natalis Universitas Terbuka ke-36, menjadi role model pembelajaran jarak jauh. (KalderaNews.com/Dok. UT)

JAKARTA, KalderaNews.com – Universitas Terbuka (UT) bisa menjadi role model bagi pembelajaran jarak jauh (PJJ) di Indonesia. Sejak didirikan pada 1984, UT telah menjadi yang terdepan dalam memberikan akses PJJ. Demikian dikatakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim dalam acara hari ulang tahun UT ke-36.

BACA JUGA:

“Selamat ulang tahun ke-36 pada seluruh keluarga besar UT. Semoga UT bisa memberikan akses pendidikan jarak jauh yang berkualitas dan terjangkau bagi seluruh masyarakat,” kata Nadiem.

Dalam kurun satu dasawarsa terakhir, UT telah bertransformasi dengan pesat mengikuti perkembangan teknologi komunikasi dan informasi untuk melaksanakan PJJ secara daring. Mulai dari penerimaan mahasiswa baru, proses pembelajaran hingga ujian. UT juga telah memberikan akses pendidikan bagi seluruh masyarakat. Tidak terkecuali di daerah 3T (tertinggal, terluar, terdepan).

“UT juga telah memberikan layanan bagi warga negara Indonesia di 42 negara, antara lain di Malaysia, Singapura, Korea Selatan, Hongkong, Arab Saudi, dan Taiwan,” papar Nadiem.

Nadiem pun mengapresiasi atas peran UT dalam memberikan layanan pendidkan tinggi berbiaya terjangkau bagi semua lapisan masyarakat. Untuk menjaga mutu pendidikann, UT terus aktif dalam mengikuti kegiatan eksternal, seperti International Council for Open and Distance Education (ICDE).

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*