Diplomat Jebolan Unpad Ini Kritik Keras Perdana Menteri Vanuatu Soal Papua

Silvany Austin Pasaribu berbicara dalam Sidang Umum PBB. (Ist.)
Silvany Austin Pasaribu berbicara dalam Sidang Umum PBB. (Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Nama lengkapnya Silvany Austin Pasaribu. Dia adalah diplomat muda Indonesia yang bertugas di kantor Perwakilan Tetap RI untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang berkedudukan di New York, Amerika Serikat. Kini, ia menjabat sebagai Sekretaris Kedua (second secretary) Fungsi Ekonomi.

Silvany lulus dari Jurusan Hubungan Internasional FISIP Universitas Padjajaran Bandung. Lantas, ia memilih berkarier di Kementerian Luar Negeri RI. Sebelum berkarya di New York, Silvany pernah bertugas sebagai Atase Kedutaan RI di Inggris.

BACA JUGA:

Kala Indonesia menjadi tuan rumah KTT ASEAN pada 2018, Silvany masih berkantor di Pejambon sebagai pegawai baru Kemlu. Dalam perhelatan itu, ia turut terlibat menjadi penghubung alias liaison officer (LO). Saat itu, dia mendampingi delegasi dari Singapura.

Silvany mendapatkan gelar S2 usai menuntaskan pendidikan magister di Universitas Sidney, Australia.

Nama Silvany Austin Pasaribu menarik perhatian dalam Sidang Umum PBB. Silvany menggunakan hak jawab terhadap tuduhan Vanuatu tentang pelanggaran hak asasi manusia (HAM) di Papua.

Adalah Perdana Menteri Republik Vanuatu, Bob Loughman yang mengungkit isu pelanggaran HAM Papua di dalam Sidang Umum PBB. “Sangat memalukan bahwa satu negara ini terus-menerus memiliki obsesi yang berlebihan dan tidak sehat tentang bagaimana seharusnya Indonesia bertindak atau menjalankan pemerintahannya sendiri,” kritik Silvany, akhir pekan lalu.

“Terus terang saya bingung, bagaimana bisa suatu negara mencoba untuk mengajar negara lain, sementara kehilangan inti dari seluruh prinsip dasar Piagam PBB,” lanjutnya.

“Orang Papua adalah orang Indonesia. Semua berperan penting dalam pembangunan Indonesia, termasuk di Papua. Anda bukanlah representasi dari orang Papua. Dan berhentilah berfantasi menjadi satu,” ucap Silvany.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*