Kendala Teknis dan Jaringan Saat Simulasi Jadi Alasan Seleksi KSN-SMP 2020 Tingkat Kabupaten/Kota Diundur

Peserta OSN IPS 2019 Tingkat SMP sedang mengikuti ujian tertutlis di Yogyakarta
Peserta OSN IPS 2019 Tingkat SMP sedang mengikuti ujian tertutlis di Yogyakarta (KalderaNews/ditpsmp.kemdikbud)

JAKARTA, KalderaNews.com – Plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional, Asep Sukmayadi menegaskan pelaksanaan seleksi KSN-SMP untuk seleksi tingkat kabupaten/kota yang sedianya akan dilaksanakan pada tanggal 29-30 September 2020 diundur pelaksanaannya untuk waktu yang akan akan diinformasikan dalam beberapa hari kemudian.

“Pengunduran ini dilakukan untuk menyesuaikan akses, sistem aplikasi dan jaringan dengan besarnya animo peserta didik SMP (sekitar 32.000 peserta) untuk mengikuti KSN,” tegasnya dalam surat edaran perihal Informasi Perubahan Pelaksanaan KSN SMP Tahun 2020 tertanggal 28 September 2020.

Ia berdalih melalui beberapa tahap simulasi yang dilakukan, masih diperlukan sejumlah penyesuaian sistem jaringan dan kesiapan teknis dari peserta didik itu sendiri yang masih harus dibimbing dengan lebih intens supaya seleksi secara daring dalam kondisi pandemi dapat dijamin berjalan lancar dan aman.

BACA JUGA:

“Untuk selanjutnya kami akan segera berkoordinasi secara teknis dengan para penanggung jawab kegiatan prestasi peserta didik di Dinas Pendidikan yang Bapak/Ibu pimpin. Demikian pemberitahuan ini kami sampaikan.”

“Kami mohon Bapak/Ibu berkenan dapat menginformasikan hal pengunduran ini kepada sekolah, guru-guru pembimbing, dan peserta didik di bawah pembinaan Bapak/Ibu sekalian. Kami mohon maaf atas pengunduran ini semata-mata untuk kita bersama berupaya optimal melayani anak-anak kita semua dengan sebaik-baiknya,” pungkasnya.

Sebelumnya disampaikan melalui surat perihal Informasi Pelaksanaan KSN tertanggal 24 September 2020, Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menegaskan bahwa seleksi Kompetisi Sains Nasional (KSN) Jenjang SMP Babak Penyisihan Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2020 akan serentak dilakukan di 514 kabupaten/kota dari 34 Provinsi.

  • Matematika Selasa: 29 September 2020, Pukul 09.00 WIB s.d selesai
  • Ilmu Pengetahuan Alam: Selasa, 29 September 2020, Pukul 13.00 WIB s.d selesai
  • Ilmu Pengetahuan Sosial, Rabu, 30 September 2020, Pukul 09.00 WIB s.d selesai

Aplikasi tes online Kompetisi Sains Nasional (KSN) dapat di Donwload pada Goggle Play Store (KSN SMP) dan petunjuk penggunaan apliksi online tes dapat diunduh pada laman https://smp.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*