Kewalahan Ciptakan 600 Ribu “Prajurit Digital” Setiap Tahun, Kominfo Bidik Para Guru

Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika Rosarita, Niken Widiastuti
Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika Rosarita, Niken Widiastuti (Foto: Dokpen KWI)

JAKARTA, KalderaNews.com – Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika Rosarita, Niken Widiastuti mengatakan program guru digital yang sudah dimulai sejak Mei lalu diikuti 1.000 guru dan untuk talenta digital yang akan datang konsen pada program-program untuk pelatihan guru.

Hal ini penting dilakukan karena akselerasi menjadi tolak ukur peningkatan kemampuan guru untuk bisa menguasai dan terampil di bidang digital, apalagi guna mendukung percepatan transformasi digital diperlukan 600 ribu talenta digital setiap tahunnya.

“Sehingga untuk mencapai target tersebut perlu kolaborasi dengan semua pihak. Kalau Kementerian Kominfo kami dalam satu tahun baru mencapai 60 ribu orang sehingga masih kurang banyak sekali. Nah, ini tidak bisa hanya pemerintah saja tetapi semua pihak,” tegasnya.

BACA JUGA:

Sekjen Kementerian Kominfo berharap talenta digital lahir untuk tenaga guru profesional yang mampu menguasai kecakapan abad ke 21 dan mewujudkan pendidikan berkualitas, mumpuni, menciptakan para siswa yang melek digital.

“Melalui program guru digital mari kita wujudkan akselerasi transformasi digital menuju masyarakat digital Indonesia yang cerdas, beretika dan berkarakter,” ujarnya dalam Webminar Transformasi Guru di Era Industri 4.0 dari Jakarta, Rabu, 23 September 2020.

Sekjen Niken menyebutkan bahwa Kementerian Kominfo juga memiliki program Coding Teacher Academi (CTA) yang merupakan satu dari empat pelatihan akademi dari program Digital Talent Scholarship. CTA DTS Kominfo memberikan kesempatan kepada 2000 guru yang berprofesi di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

“Coding Teacher Academy ini program pelatihan pengembangan SDM dalam materi Coding yang ditujukan kepada 2000 guru baik SMA, SMK/MA, SMP dan SD,” tandasnya.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*