Kiat Penting Tetapkan Rutinitas Baik Saat Sekolah Daring, Jangan Kasih Kendor!

Ilustrasi siswa belajar jarak jauh. Ajak siswa untuk melakukan kebiasaan baik selama sekolah daring. Rutinitas baik akan menghasilkan sesuatu yang baik pula (KalderaNews/ Ist)
Ilustrasi siswa belajar jarak jauh. Ajak siswa untuk melakukan kebiasaan baik selama sekolah daring. Rutinitas baik akan menghasilkan sesuatu yang baik pula (KalderaNews/ Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Tantangan pembelajaran jarak jauh memang tiada habisnya bagi guru, orang tua, dan murid. Rutinitas yang dilakukan di rumah dapat menjadi bumerang jika tidak dikoreksi. Mari buat pengakuan, apakah anak Anda sering bangun siang, bahkan mepet untuk hadir ke kelas daring? Sekarang, coba berubah pelan-pelan karena rutinitas baik akan membawa dampak yang baik pula.

Guru wajib tahu pentingnya menetapkan rutinitas kelas. Rutinitas yang baik menjadi dasar untuk tahun yang produktif, membuat hidup lebih mudah bagi siswa dan guru, menghemat waktu, dan meningkatkan pembelajaran. Bagaimana caranya menerapkan kebiasaan baik secara terus menerus selama sekolah daring? Berikut tipnya!

Jangan Bosan untuk Siapkan Kelas Daring

Layaknya pergi ke sekolah tatap muka, guru juga perlu menyiapkan kelas daring sebaik mugkin. Supaya komunikasi antara murid dan guru tidak terganggu, maka selalu buat kesepakatan kelas di awal. Siswa dapat berperan aktif ketika menetapkan rutinitas kelas. Gunakan pertemuan pertama untuk bertukar ide. Ketika anak-anak membantu membangun rutinitas, mereka cenderung mengikutinya. Jika siswa memiliki keterbatasan akses internet, maka guru harus proaktif dengan menghubungi orang tua atau wali muridnya.

BACA JUGA:

Harus Selalu Sabar Ketika Berkomunikasi dengan Orang Tua dan Wali Murid

Komunikasi orang tua juga penting. Para tenaga pendidik harus selalu menyebarkan informasi atau himbauan melalui group chat resmi. Jangan lupa untuk menetapkan jam kerja agar para guru tidak kebanjiran panggilan telepon sepanjang hari.

Guru harus strategis dalam merekomendasikan materi pembelajaran tambahan bagi siswa. Pilih dua atau tiga yang paling mendukung kurikulum yang sudah disusun. Jika tidak, maka guru akan kewalahan ketika menyampaikan materi. Selain itu, semangat siswa dan orang tua juga turun karena ambiguitas yang disebabkan oleh terlalu banyak informasi.

Online 5 Menit Sebelum Kelas Dimulai

Dorong siswa untuk datang sekitar lima menit sebelum kelas dimulai sehingga mereka memiliki waktu untuk terhubung ke internet dan memastikan bahwa video dan audio berfungsi.

Lalu, ajari siswa untuk menunjukkan tanda hadir. Ada banyak opsi, guru dapat mewajibkan siswa untuk melalukan absensi di grup, Google Spreadsheet, atau kolom komentar. Setelah masuk, siswa dapat berbicara melalui fitur obrolan dengan temannya sampai kelas dimulai. Sementara, siswa tanpa akses daring dapat berkomunikasi dengan guru melalui telepon, email, atau teks. Mereka harus check-in setiap hari untuk melakukan verifikasi bahwa mereka menyelesaikan tugas.

Selalu Pastikan Murid Paham dengan Himbauan atau Informasi dari Sekolah

Sebelum kelas dibubarkan, setiap murid harus tahu informasi pengerjaan tugas, mulai dari sistematika hingga pengumpulannya. Ajak siswa untuk mengajukan pertanyaan dan terhubung dengan pelajar lain. Mungkin ini terdengar sepele, akan tetapi alangkah baiknya jika guru senantiasa mengingatkan siswa untuk keluar dari perangkat demi perlindungan privasi.

Itulah kiat menetapkan dan membiasakan rutinitas baik saat sekolah daring. Guru harus selalu mengingatkan, memberi teladan, beri siswa banyak kesempatan untuk berlatih. Ingatlah, bahwa proses yang baik tidak akan mengkhianati hasilnya.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*