Logo Kampus Merdeka Diluncurkan, Begini Artinya

Ilustrasi: Logo Kampus Merdeka.. (Dok. Kemendikbud)
Ilustrasi: Logo Kampus Merdeka.. (Dok. Kemendikbud)

JAKARTA, KalderaNews.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan logo Kampus Merdeka secara daring. Kebijakan Kampus Merdeka yang dikeluarkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim awal 2020 lalu.

Program ini diharapkan bisa meningkatkan inovasi di bidang pendidikan tinggi. Salah satu pokok kebijakan ini adalah kemerdekaan bagi mahasiswa mengambil mata kuliah di luar prodi serta melakukan perubahan definisi Satuan Kredit Semester (SKS).

BACA JUGA:

Logo Kampus Merdeka ini berkelir biru. Logo juga dilengkapi dengan tulisan “Indonesia Jaya”. Logo ini, kata Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud, Nizam, menyimpan semangat untuk membuka sekat-sekat bidang keilmuan serta membangun kerja sama lebih luas dengan beragam departemen.

“Kita harus mampu menjebol tembok-tembok keilmuan, program studi, karena masalah semakin kompleks membutuhkan kolaborasi interaksi antarprodi, interaksi antarperguruan tinggi, dan interaksi antara kampus dengan dunia nyata,” katanya.

Sebagai salah satu implementasi Kampus Merdeka, Nizam mengatakan, Ditjen Dikti telah berdiskusi dengan banyak diaspora dari berbagai negara, termasuk meluncurkan konsorsium 5 PTN, untuk pertukaran mahasiswa.

“Juga berdiskusi dengan Bapak Dubes UK yang membahas untuk kerja sama mengimplementasikan kampus merdeka yang kini menjadi trending topik dunia,” ujarnya.

Nizam juga memberikan apresiasi kepada para rektor perguruan tinggi yang telah menyambut semangat Kampus Merdeka dengan beragam program. “Dunia hari ini sangat berbeda dari dunia enam bulan lalu sebelum ada pandemi Covid-19. Maka, mahasiswa perlu dibakali kompetensi agar bisa sukses di dunia dengan perubahan yang begitu cepat.”

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*