Mahasiswa Baru Masih Sulit Adaptasi Kuliah Daring? Ini Tip Ampuhnya!

Ilustrasi Tahun Pertama Mahasiswa Baru Kuliah Daring (KalderaNews/ Ist).
Ilustrasi Tahun Pertama Mahasiswa Baru Kuliah Daring (KalderaNews/ Ist).

JAKARTA, KalderaNews.com – Mahasiswa baru (maba) di tengah pandemi masih memerlukan adaptasi perkuliahan daring. Layaknya tatap muka, masa transisi dari siswa ke mahasiswa membutuhkan waktu untuk dapat belajar ilmiah dan faktual dengan nyaman. Supaya kamu lebih bebas ketika belajar daring, tip berikut dapat membantumu untuk lebih mudah beradaptasi.

Selalu Terhubung

Manusia merupakan makhluk sosial, suka atau tidak suka. Interaksi daring memaksa kamu untuk lebih cekatan menemukan teman sefrekuensi. Menghilang dari tugas kelompok bukanlah jalan penyelesaian yang baik. Ketika merasa lelah, adakalanya kamu komunikasikan beban tugas dengan teman sekelompok. Coba untuk diskusikan cara terbaik menyelesaikan tugas rumit secara sederhana dan tidak menyita waktu istirahat.

Atur Waktu

Mahasiswa baru adalah manusia, bukan robot. Agar kamu tidak merasa gagal di tahun pertama, maka cobalah atur waktu sebaik mungkin. Santai selama kuliah boleh saja, akan tetapi jangan kebablasan, ya! Percayalah, rutinitas baik dengan mengatur waktu teratur membuat kamu lebih efektif ketika melakukan kuliah daring. Tugas bisa selesai lebih cepat dan cepat istirahat.

BACA JUGA:

Istirahat dengan Kegiatan Kecil

Jika kamu lelah dan butuh penyegaran, maka coba isi dengan kegiatan kecil, seperti hobi. Kamu bisa memasak, baca buku, yoga, olahraga, merajut, merawat hewan, dan kegiatan kecil bermakna lainnya. Melakukan kegiatan sederhana bukanlah aktivitas sia-sia, melainkan upaya untuk menghilangkan stress dan kelelahan pada diri sendiri. Jangan pendam sendiri, melainkan coba transfer kegelisahanmu kepada hal lain dengan aktivitas positif yang jauh dari dunia kampus.

Tentukan Target Secara Sederhana

Mahasiswa butuh rasa kerelaan tinggi ketika kuliah daring di masa pandemi. Cobalah untuk menentukan target secara sederhana, misal tugas selesai sebelum sore. Bisa juga tetapkan waktu memegang gawai, sehingga teman-teman kamu tidak melampaui batasnya.

Tip di atas dapat disesuaikan dengan beban kuliah pada setiap jurusan. Ingatlah, bahwa masa transisi merupakan waktu untuk mengenal kampus. Dengan demikian, usahakan tidak terlalu fokus terlebih dahulu pada jurusan, melainkan pada dinamika kampus. Kamu masih bisa agak santai ketika belajar. Selamat mencoba dan berjuang!

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*