Pendaftaran Beasiswa S2 dan S3 ke KFUPM Arab Saudi Tutup 22 September 2020

Mahasiswa di King Fahd University of Petroleum & Mineral
Mahasiswa di King Fahd University of Petroleum & Mineral (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – King Fahd University of Petroleum & Mineral (KFUPM) kembali membuka pendaftaran beasiswa penuh S2 dan S3 bagi mahasiswa internasional. Beasiswa penuh ini ditujukan untuk mereka yang kuat dalam melakukan penelitian orisinil di bidang teknik, sains, dan bisnis. Karena tergolong beasiswa penuh, tentu saja keseluruhan biaya studi di KFUPM ditanggung 100%.

Program-program yang ditawarkan KFUPM, yaitu Accountancy (M.ACC), Aerospace Engineering (M.Sc.), Applied Statistics (M.Sc.), Architectural Engineering (M.Sc.), Business Administration (M.B.A.), Chemical Engineering (Ph.D., M.Sc.), Chemistry (Ph.D., M.Sc.), City & Regional Planning (M.C.R.P.), Civil & Environmental Engineering (Ph.D., M.Sc.), Computer Engineering (Ph.D., M.Sc.), Computer Networks (M.Sc.) dan Computer Science (Ph.D., M.Sc.).

Selain itu, ada juga Construction Engineering & Management (M.Sc.), Electrical Engineering (Ph.D., M.Sc.), Engineering Management, Environmental Science (M.Sc.), Geology (Ph.D., M.Sc.), Geophysics (Ph.D., M.Sc.), Industrial & Systems Engineering (Ph.D., M.Sc.), Information Assurance & Security (M.Sc.), Life Sciences (M.Sc.), Materials Science & Engineering (M.Sc.) dan Mathematical Sciences (Ph.D., M.Sc.).

BACA JUGA:

Ada pula, Mechanical Engineering (Ph.D., M.Sc.), Medical Physics (M. Med. Phys.), Petroleum Engineering (Ph.D., M.Sc.), Physics (Ph.D., M.Sc.), Software Engineering (M.Sc.), Systems & Control Engineering (Ph.D., M.Sc.) dan Telecommunication Engineering (M.Sc.). So, tinggal pilih mana yang mana.

Berikut ini persyaratan Program Master (Sains dan Teknik):

  • Bergelar sarjana di bidang teknik atau sains dari perguruan tinggi yang diakui dengan jurusan sesuai di bidang yang diusulkan atau bukti latarbelakang sesuai untuk masuk ke bidang yang diusulkan
  • IPK 3.00 atau lebih pada skala 4.00 atau setara, dan IPK 3.00 pada bidang matakuliah utama. Transkrip resmi dan ijazah gelar diperlukan saat penerimaan akhir.3) Penyelesaian TOEFL dengan skor minimal 520 (PBT), 190 (CBT) atau 68 (IBT). Skor TOEFL harus dikirim langsung ke Dekan Studi Pascasarjana (kode KFUPM adalah 0868). IELTS juga dapat diterima (min 6.0).4) GRE dapat diterima, yang juga harus dilaporkan secara langsung (kode KFUPM adalah 0868). (Skor GRE yang dibutuhkan minimum adalah Kuantitatif: 156, Analitis: 4.0 dan Verbal: 143)5) Sekurangnya tiga surat rekomendasi dari fakultas yang mengajar mata kuliah di universitas pelamar. (untuk diajukan melalui sistem rekomendasi online)6) Memenuhi persyaratan tambahan pada penerimaan departemen atau universitas dengan memuaskan.

Berikut ini persyaratan Program Master (Administrasi Bisnis):

  • Bergelar Sarjana dalam bidang bisnis, teknik, atau sains dari perguruan tinggi yang diakui.
  • IPK sekurangnya 3.00 pada sklala 4.00. Transkrip resmi dan ijazah gelar diperlukan saat penerimaan akhir.
  • Penyelesaian TOEFL dengan skor minimal 520 (PBT), 190 (CBT) atau 68 (IBT). Skor TOEFL harus dikirim langsung ke Dekan Studi Pascasarjana (kode KFUPM adalah 0868). IELTS juga dapat diterima (min 6.0).
  • Penyelesaian GMAT dengan nilai minimal 450. Nilai GMAT harus dikirim langsung ke Dekan Studi Pascasarjana (kode KFUPM untuk GMAT adalah 0868).
  • Sekurangnya tiga surat rekomendasi dari fakultas yang mengajar mata kuliah di universitas pelamar. (untuk diajukan melalui sistem rekomendasi online)6) Sekurangnya satu mata kuliah kalkulus di perguruan tinggi yang mencakup mata pelajaran diferensiasi dan integrasi.
  • Memiliki pengetahuan tentang komputer yang dibuktikan oleh setidaknya satu mata kuliah di bidang itu (misalnya pemrosesan data, pemrograman, sistem informasi, dll.)
  • Memiliki setidaknya satu tahun pengalaman kerja penuh waktu. Persyaratan ini dapat dicabut untuk asisten dosen, asisten peneliti, dan pelamar dengan catatan akademis yang luar biasa. Untuk program Executive MBA, pengalaman minimal 8 tahun, termasuk 3 tahun di posisi manajerial tingkat menengah atau atas.
  • Memenuhi persyaratan tambahan pada penerimaan departemen atau universitas dengan memuaskan.

Berikut ini persyaratan Program PhD (S3):

  • Bergelar master di bidang teknik atau sains dari perguruan tinggi yang program pascasarjananya setara dengan KFUPM, dengan jurusan atau bukti latar belakang sesuai untuk memasuki bidang yang diusulkan
  • IPK minimum 3.00 pada skala 4.00 atau setara baik di S1 maupun S2. Transkrip resmi dan ijazah gelar diperlukan saat penerimaan akhir.
  • Penyelesaian TOEFL dengan skor minimal 550 (PBT), 213 (CBT) atau 79(IBT). Skor TOEFL harus dikirim langsung ke Dekan Studi Pascasarjana (kode KFUPM adalah 0868). IELTS juga dapat diterima (min 6.5).
  • Penyelesaian GRE dengan skor yang dapat diterima
  • Sekurangnya tiga surat rekomendasi dari fakultas yang mengajar mata kuliah pascasarjana pelamar.
  • Memenuhi persyaratan tambahan pada penerimaan departemen atau universitas dengan memuaskan.

Beberapa dokumen aplikasi yang wajib disiapkan:

  • Copy tanda pengenal (paspor bagi pelamar internasional)
  • Pasfoto ukuran paspor (latarbelakang putih)3. Transkrip akademik lengkap S1 (beserta S2 jika melamar ke PhD)
  • Statement of Purpose (Satu halaman essay yang membahas tujuan karir dan penelitian di KFUPM)
  • 3 (tiga) surat rekomendasi dari referee akademik melalui sistem rekomendasi online setelah mengajukan pendaftaran online
  • Salinan ijazah gelar S1 (beserta gelar S2 jika mendaftar ke PhD) jika ijazah sudah diberikan
  • CV – menyebutkan secara singkat pendidikan dan pengalaman kerja
  • Skor GMAT (bagi pelamar internasional untuk MBA)

Dengan batas akhir 22 September 2020, pelamar bisa mendaftar beasiswa ini secara online di laman resmi King Fahd University of Petroleum & Minerals (KFUPM).

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*