Selamat, Inilah Daftar Para Pemenang Pilmapres 2020

Ilustrasi: Berikut daftar pemenang Pilmapres 2020. (Ist.)
Ilustrasi: Berikut daftar pemenang Pilmapres 2020. (Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) telah mengumumkan para pemenang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) 2020. Ajang ini menjadi upaya menciptakan mahasiswa unggul.

BACA JUGA:

Nah, berikut daftar para pemenang Pilmapres 2020:

Program Diploma

  1. Muhammad Alan Nur, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
  2. Randhika Rianza, Politeknik Negeri Padang
  3. Jean Nursyahbani Ninkeula, Universitas Indonesia.

Program Sarjana

  1. Rabita Madina, Universitas Gadjah Mada
  2. Amanda Margareth Inganta Sebayang, Universitas Diponegoro
  3. Agnes Isna Kuswondo, Universitas Bina Nusantara

Mahasiswa Penginspirasi

  1. Stefanny Angela, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
  2. Julia R. Tapilatu, Universitas Papua

Julia merupakan mahasiswa yang mendapatkan penghargaan dari Obama serta menjadi anggota termuda survei laut dan cinta kepada Papua. Julia juga telah mengantongi hak cipta dari Kemkumham.

Pada pahap I, Pilmapres 2020 diikuti 646 peserta yang terdiri atas 443 mahasiswa Program Sarjana (S1) dan 202 mahasiswa Program Diploma. Kemudian, tahap II diikuti 238 peserta yang terdiri dari 174 peserta dari jenjang sarjana dan 64 peserta dari jenjang diploma. Sementara babak final atau tingkat nasional, diikuti finalis 41 peserta yang terdiri atas 21 finalis Program Sarjana dan 20 finalis Program Diploma.

Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kemendikbud, Ainun Naim mengatakan, semua peserta kompetisi ini adalah juara, lantaran telah menunjukkan keunggulan, terutama dalam menghadapi dinamika global yang sangat tinggi di tengah pandemi Covid-19. “Saya ucapkan selamat kepada pemenang. Bagi yang belum berhasil, tetap semangat karena kejuaraan dan kesuksesan bisa terjadi di mana saja dan kapan saja,” ucapnya pada Malam Penganugerahan Mahasiswa Berprestasi 2020 yang digelar secara daring.

Sementara, Kepala Puspresnas Kemendikbud, Asep Sukmayadi, yang juga Ketua Panitia Pilmapres 2020 mengatakan, salah satu bentuk inovasi dalam pelaksanaan kegiatan tahun ini berupa optimalisasi penggunaan teknologi informasi dalam menjaring dan menyaring mahasiswa yang berprestasi unggul, dengan azas kesetaraan mutu PTN dan PTS, serta keterwakilan dalam wilayah untuk mahasiswa dari program sarjana dan program diploma. “Pilmapres 2020 merupakan wujud adaptasi kebiasaan berprestasi baru yang diliputi semangat pantang menyerah, tetap berprestasi dari rumah, dari mahasiswa-mahasiswa Indonesia yang tangguh,” tutur Asep.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


438 views