Sepeda Kreuz Buatan Bandung, Jadi Alat Transportasi di Piala Dunia Qatar 2022

Ilustrasi: Sepeda Kreuz buatan Bandung, Jawa Barat. (Ist.)
Ilustrasi: Sepeda Kreuz buatan Bandung, Jawa Barat. (Ist.)

BANDUNG, KalderaNews.com – Di tengah pandemi Covid-19, olahraga bersepeda kian digemari khalayak. Baru-baru ini muncul satu merek sepeda “Kreuz”.

Sepeda besutan orang muda Bandung, Jawa Barat ini langsung naik daun di kalangan penggemar sepeda. Pamornya makin kinclong ketika pada 16 Agustus 2020, orang nomor satu di negeri ini, Presiden Joko Widodo memakai sepeda Kreuz untuk berolahraga di kompleks Istana Bogor.

BACA JUGA:

Jujun Junaedi, salah satu pembuat sepeda Kreuz amat bangga melihat hasil karyanya dipakai Presiden. “Ketika tahu dipakai Presiden Jokowi, bangganya luar biasa,” ujarnya antusias.

Siang itu, Jujun nampak sedang membuat kerangka sepeda. Sesekali ia mengenakan helm las. Ia mengelas bagian-bagian rangka sepeda dengan penuh konsentrasi.

Jujun mulai bercerita awal mula perjalanannya bersama Yudi Yudiantara membuat sepeda Kreuz. Nama Kruez, menurut Jujun, memiliki dua makna, yaitu “Kreuz” berasal dari bahasa Sunda “kareueus” yang berarti kebanggaan, dan merupakan singkatan Kreasi Urang Sunda, huruf S diganti dengan Z.

Mula-mula, tak terbersit untuk membuat sepeda. Jujun dan Yudi, pada awal 2018, membuka usaha pembuatan tas sepeda dengan merek Kreuz. Suatu hari mereka mengikuti pameran produk sepeda di Jakarta. Di situ, mereka melihat seluruh stand pameran memasang produk tas mereka dipadukan dengan sepeda merek Brompton asal Inggris.

Dari situlah, peluang usaha baru terbit. Jujun dan Yudi mencoba membuat sepeda dengan modal nekat. Semua dilakukan dengan peralatan seadanya. Mereka pun sempat tujuh kali mengalami kegagalan dalam membuat sepeda.

“Awal saya membuat sepeda Kreuz memang serba otodidak dan modalnya hanya nekat. Tapi Alhamdulilah, akhirnya sepeda pertama yang kami bikin berhasil dan banyak mendapat respon positif dari masyarakat,” cerita Jujun.

Kini, sepeda Kreuz telah terdaftar sebagai salah satu moda transportasi pada perhelatan akbar Piala Dunia di Qatar 2022. “Alhamdulilah, sepeda kita sudah didaftarkan untuk menjadi transportasi yang digunakan di Piala Dunia Qatar 2022. Semoga yang kami lakukan ini bisa membawa nama Bandung dan Indonesia lebih baik lagi. Produk kita tidak kalah kok sama luar negeri,” kata Jujun.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*