Simak Nih, Trik Hemat Kala PSBB Jakarta Diperketat

Ilustrasi: Tip hemat di kala PSBB. (Ist.)
Ilustrasi: Tip hemat di kala PSBB. (Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) jilid kedua di wilayah DKI Jakarta telah dimulai. Sebagian besar pekerja pun mau tak mau kembali kerja dari rumah alias work from home (WFH).

Bagi sebagian orang, PSBB membuat pengeluaran lebih irit lantaran tak perlu keluar ongkos transportasi. Tetapi, tak sedikit orang yang justru merasa PSBB bakal menguras kantong, sebab kebutuhan listrik, kuota internet harus ditanggung sendiri. Nah, jalan satu-satunya adalah berhemat.

BACA JUGA:

So, bagaimana cara berhemat di tengah PSBB jilid kedua kali ini?

Hitung pengeluaran harian
Yang pertama harus dipenuhi adalah kebutuhan sehari-hari dan kesehatan. PSBB jilid pertama waktu lalu, tentu memberikan pelajaran berharga untuk kita. Untuk kali ini, kita harus cermat lagi dalam menghitung pengeluaran harian. Jika perlu, tunda dulu kebutuhan untuk jalan-jalan dan kebutuhan sekunder lainnya yang benar-benar tak dibutuhkan.

Sisihkan untuk dana darurat dan tabungan
Nah, kita juga perlu menyalurkan penghasilan untuk dana darurat dan tabungan. Jika perlu tambah nominal dana darurat dan tabungan. Ini akan sangat diperlukan jika mendadak kita memerlukannya.

Investasi
Suka tak suka, cara paling aman untuk memastikan kebutuhan terpenuhi adalah menambah aliran pemasukan. Hal ini bisa dilakukan dengan berinvestasi. Khusus investasi, kita bisa menyimpan dana di instrumen reksa dana atau emas online. Pertimbangannya, karena kedua instrumen ini paling likuid atau mudah dicairkan.

Manfaatkan barang bekas
Cara lain untuk menambah penghasilan adalah dengan berusaha tapi yang minim modal, misal menjual barang-barang bekas layak pakai. Cara ini masih ngetren sampai sekarang. Manfaatkanlah platform jual beli online untuk menekan modal.

Buka usaha online
Pasar online di tengah pandemi Covid-19 terus meningkat. Maka, manfaatkan gadget kita untuk menghasilkan pundi-pundi dana. Ada banyak ragam dan cara untuk berjualan online. Pelajari satu persatu, dan pilihlah yang sesuai dengan kemampuan kita.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


193 views