Simak, Tip Evakuasi Mandiri Tanpa Peringatan Dini Tsunami Saat Covid-19

Papan peringatan waspada tsunami di Pantai Jatimalang Purworejo
Papan peringatan waspada tsunami di Pantai Jatimalang Purworejo (KalderaNews/JS de Britto)

JAKARTA, KalderaNews.com – Sebagian besar tsunami di Indonesia adalah tsunami lokal yang disebabkan gempa bumi tektonik. Dengan demikian masyarakat di daerah gempa akan menerima peringatan alami yaitu gempa bumi tersebut.

InaTEWS, sistem peringatan dini tsunami Indonesia di BMKG, akan tetap beroperasi pada masa pandemik Covid-19. Dalam menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) maka jumlah tenaga ahli di ruang operasional sistem peringatan gempa bumi dan tsunami dikurangi, namun tidak mengurangi kapasitasnya dalam memberikan pelayanan darurat peringatan dini tsunami.

Jika masyarakat merasakan goncangan yang kuat atau gempa yang berayun lemah tapi lama saat pandemi Covid-19, masyarakat agar segera melakukan evakuasi mandiri tanpa menunggu peringatan dini tsunami ataupun perintah evakuasi dari pihak berwenang.

BACA JUGA:

Evakuasi mandiri menuju Tempat Evakuasi Sementara (TES), yaitu tempat aman yang sudah ditetapkan sebagai lokasi evakuasi tsunami, seperti dataran tinggi, dataran/hamparan yang jauh dari pantai, atau gedung/bangunan yang sudah disepakati sebagai tempat evakuasi yang aman.

Nah, dalam melakukan evakuasi mandiri saat Covid-19, sebisa mungkin masyarakat tetap memperhatikan jaga jarak fisik (physical distancing), menggunakan masker, dan harus mengikuti kebijakan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) di daerah masing masing (khususnya bagi daerah yang menerapkan PSBB).

Setelah ancaman tsunami selesai, masyarakat harus tetap berada di tempat evakuasi sampai ada pengarahan lebih lanjut dari pihak yang berwenang. Selama masih berada di tempat evakuasi tersebut, maka tetap melakukan menjaga jarak fisik (physical distancing), menggunakan masker, serta menjaga kebersihan.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*