Siswa SMA Katolik Ricci I Samuel Joe Wakili DKI Jakarta di KSN Daring 2020

Samuel Joe dari SMA Katolik Ricci 1
Samuel Joe dari SMA Katolik Ricci 1 (KalderaNews/JS de Britto)

JAKARTA, KalderaNews.com – Pandemi Covid-19 tak menyurutkan perjuangan Samuel Joe, siswa SMA Katolik Ricci 1 Jakarta untuk meraih prestasi di Kompetisi Sains Nasional (KSN) 2020 yang akan digelar secara daring (virtual) pada 12-17 Oktober 2020 mendatang.

Di KSN Daring 2020 Jenjang SMA ia akan mewakili DKI Jakarta bersama 86 peserta didik di DKI Jakarta yang menang di KSN-P daring pada 10-14 Agustus 2020 lalu.

Kompetisi Sains Nasional Tingkat Provinsi (KSN-P) jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) tahun 2020 sukses digelar secara daring dengan diikuti sebanyak 13.819 siswa dari seluruh Indonesia.

BACA JUGA:

Bidang lomba dalam KSN meliputi sembilan bidang yaitu Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi.

KSN tahun 2020 mengusung tema “Sains sebagai Jalan Peradaban” dan dengan tagar #berprestasidarirumah. Pelaksanaan KSN bertujuan untuk mendorong semangat dan daya juang peserta didik, memfasilitasi bakat dan minat untuk mencapai prestasi terbaik di bidang sains. Penyelenggaraan KSN juga sebagai penjaringan dan pembinaan kepada calon peserta kompetisi sains tingkat internasional.

Hasil KSN tahun 2020 menjadi pertimbangan dalam proses seleksi peserta didik yang akan dipersiapkan mewakili Indonesia pada ajang kompetisi sains internasional tahun 2021, seperti International Mathematical Olympiad (IMO) di Washington DC, Amerika Serikat, International Physics Olympiad (IPhO) di Belarusia, International Chemistry Olympiad (IChO) di Osaka, Jepang dan International Olympiad in Informatics (IOI) di Mesir.

Ada pula International Biology Olympiad (IBO) di Lisbon, Portugal, International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA) di Ukraina, International Earth Science Olympiad (IESO) di Beijing, China, International Geography Olympiad (IGeO) di Bandung, Indonesia dan International Economics Olympiad (IEO) di Qatar.

Samuel Joe atau akrab dipanggil temannya dengan panggilan Samjoe, siswa kelas XII IPA SMA Katolik Ricci 1 Jakarta membuktikan bahwa pandemi tidak menjadi penghalang baginya untuk tetap berjuang meraih prestasi yang membanggakan.

Samuel Joe akan menjadi perwakilan DKI Jakarta untuk seleksi tingkat Nasional Kompetisi Sains Nasional (KSN) 2020 untuk mata pelajaran Biologi.

Untuk bisa menjadi Wakil DKI ditingkat Nasional, Samuel harus melewati beberapa tahapan seleksi mulai dari tingkat kabupaten hingga provinsi. Jika lolos dalam seleski tingkat nasional maka Samuel akan menjadi perwakilan ketingkat Internasional.

“Kita tentu berharap Samuel Joe akan terus mengepakkan sayap lebih tinggi. Prestasi yang ditorehkan Samuel Joe bisa menjadi inspirasi bagi kita semua,” tulis pengurus SMA Katolik Ricci I di laman resminya.

“Ditengah pandemi dengan segala kesulitan, tantangan dan keterbatasan kita masih bisa terus berprestasi. SMA Katolik Ricci 1 juga terus berupaya memberikan dukungan untuk untuk setiap siswa yang berprestasi baik dalam bidang akademik maupun non-akademik.”

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*