Tip Bagi Guru Agar Pembelajaran Online Lebih Menyenangkan

Ilustrasi: Tips bagi guru untuk mengajar secara online. (Ist.)
Ilustrasi: Tips bagi guru untuk mengajar secara online. (Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Pandemi Covid-19 mengubah cara pembelajaran. Siswa dan guru terpaksa melakukan pembelajaran jarak jauh baik secara daring maupun luring.

Masih banyak kendala yang dihadapi dalam pembelajaran jarak jauh. Model pembelajaran ini pun dinilai tak efektif jika dibanding dengan pembelajaran tatap muka di kelas. Namun, demi menekan penyebaran Covid-19, mau tak mau model pembelajaran jarak jauh tetap mesti dilakukan.

Para peserta didik pun mesti beradaptasi dengan pembelajaran lewat gawai. Sementara, guru juga wajib menyesuaikan diri serta lebih kreatif membuat konten-konten pembelajaran, agar semangat siswa tetap terjaga.

BACA JUGA:

Nah, berikut tip bagi para guru agar pembelajaran secara jarak jauh lebih menyenangkan serta bermakna bagi peserta didik:

Guru Wajib Mengenali Karakter Setiap Murid
Tiap-tiap murid pasti memiliki keunggulan pribadi yang berbeda satu dengan yang lain. Penting bagi guru untuk mengenali setiap karakter keunggulan pribadi peserta didiknya, seperti kecerdasan, bakat, serta minat.

Dengan mengenali karakter setiap pribadi murid, guru bisa memilih cara yang tepat untuk menyapa, mengajari, dan mendampingi selama pembelajaran jarak jauh. Sehingga proses belajar bisa lebh menyenangkan dan bermakna, terutama bagi siswa.

Gunakan Keunggulan Pribadi Murid untuk Motivasi
Nah, jika guru telah mengetahui keunggulan karakter masing-masing pribadi siswa, munculkan hal itu dalam bentuk sapaan atau motivasi. Misal, “Gambar kamu bagus sekali, kamu pasti nanti bisa menjadi arsitek yang hebat. Apalagi jika kamu belajar matematika, fisika, dan bahasa Inggris!”

Beri Kesempatan Unjuk Kelebihan
Hal ini juga penting untuk dilakukan. Guru bisa memberikan peluang kepada para murid untuk menunjukkan kelebihannya di depan teman-temannya. Misal, berilah tugas untuk mengekplorasi kelebihan masing-masing untuk kemudian ditunjukkan dalam sesi kelas online. Lantas beri kesempatan pula bagi murid lain untuk memberi apresiasi atas kelebihan rekannya.

Beri Kesempatan Terlibat
Selain itu, beri pula kesempatan setiap individu untuk aktif terlibat. Sesi kelas online memberi peluang cukup besar agar peserta didik terlibat aktif dalam setiap pelajaran. Misal, beri kesempatan setiap murid secara bergilir untuk memimpin dalam kelas online. Jadi, jangan biarkan para murid hanya melihat kehebatan guru dalam mengajar secara online.

Beri Label Positif
Sebaiknya dalam setiap sesi kelas online gunakan bahasa yang memberikan daya positif bagi para murid. Dan jangan melabeli murid dengan ujaran-ujaran yang negatif. Ujaran positif ini akan berguna untuk menjaga motivasi murid saat belajar.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan di-share pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


455 views