UBSI Surakarta dan Tegal Ajak Orang Tua Pantau Putra-Putrinya Saat Kuliah Daring

Mahasiswa UBSI Surakarta
Mahasiswa UBSI Surakarta (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

SURAKARTA, KalderaNews.com – Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Kampus Surakarta dan Kampus Tegal menyelenggarakan Bincang Kampus Bersama Orang Tua (BKOT) secara virtual saat menyambut mahasiswa baru tahun ajaran 2020/2021 pada Selasa, 1 September 2020.

Diketahui, acara BKOT merupakan acara rutin yang selalu diselenggarakan UBSI setiap tahun ajaran baru. BKOT di Kampus Surakarta mengusung tema “Transformasi Sistem Pendidikan Tinggi dalam Menyiapkan Lulusan Bertalenta Digital”

Pada BKOT kali hadir Candra Agustina, M.Kom (Kaprodi Sistem Informasi Akuntansi Kampus Surakarta) dan Anik Andriani, M.Kom (Kaprodi Sistem Informasi Kampus Yogyakarta) dengan moderator Muhamad Abdul Ghani,M.Kom (Kepala Markom UBSI Surakarta).

BACA JUGA:

Rektor Universitas Bina Sarana Informatika, Mochamad Wahyudi MM, M.Kom, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan bahwa BKOT merupakan ajang silaturahmi dan sosialisasi kepada orang tua tentang proses perkuliahan dan fasilitas yang diperoleh mahasiswa selama menjalani studi di UBSI. Pada kesempatan ini ia juga menyampaikan persiapan perkuliahan di tengah pandemi Covid-19.

Kaprodi Sistem Informasi Akuntansi Kampus Surakarta, Candra Agustina, M.Kom mengatakan bahwa peran orangtua sangat penting untuk mendukung putra-putri dalam menjalankan kuliah secara daring.

“UBSI tidak pernah melaksanakanan Ospek, dibandingkan dengan itu, UBSI menyelenggarakan Seminar Motivasi (SEMOT) dan Orientasi Akademik (ORMIK). Dan dikarenakan pandemi, ORMIK dan SEMOT diselenggarakan secara online,” tuturnya.

Diketahui, ORMIK dan SEMOT menjadi kegiatan untuk menyambut mahasiswa baru agar mahasiswa mengetahui sistem perkuliahan dan dapat termotivasi untuk lulus tepat pada waktunya. Selain itu, UBSI juga menyediakan berbagai program beasiswa untuk mahasiswa berprestasi.

“Setiap mahasiswa yang memiliki prestasi baik akademik maupun non akademik sangat diapresiasi oleh UBSI dengan pemberian beasiswa,” jelas Kaprodi Sistem Informasi Kampus Yogyakarta, Anik Andriani.

Sementara itu, saat BKOT di Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Kampus Kota Tegal dengan mengusung tema yang sama, Rektor Universitas Bina Sarana Informatika, Mochamad Wahyudi MM, M.Kom, M.Pd menekankan pentingnya peran serta orang tua dalam memantau perjalanan karir putra-putrinya di masa mendatang.

BKOT yang menghadirkan Kaprodi Sistem Informasi Akuntansi Kampus UBSI Kota Tegal Warjiono, M,Kom dan Kaprodi Teknologi Komputer, Nuzul Imam Fadlilah, ST, M.Kom dihadiri sekitar 100 orang tua/wali mahasiswa baru.

Kaprodi Sistem Informasi Akuntansi Kampus UBSI Kota Tegal Warjiyono, M.Kom mengatakan orang tua berperan penting dalam pendidikan putranya. Melalui kegiatan ini orang tua diberikan pemahaman mengenai prosedur dan proses perkuliahan yang dijalani putranya, ditambah lagi pelaksanaan perkuliahan secara daring yang mewajibkan dalam memantau putra-putrinya.

“Kami pihak UBSI terus berusaha menyediakan layanan dengan kualitas yang baik meskipun di masa sekarang masih di lakukan secara daring untuk perkuliahan,” kata Kaprodi Sistem Informasi Akuntansi Warjiyo, M.Kom.

“Intinya kami membutuhkan kerjasama dari orang tua agar anak didik kita bisa lulus tepat waktu, dan benar-benar memanfaatkan teknologi saat ini khususnya perkuliahan secara online dengan maksimal.”

Sementara itu, Nuzul Imam Fadlilah, ST, M.Kom memperkenalkan aplikasi M-Parents Student UBSI yang dapat dimanfaatkan oleh para orang tua dan wali mahasiswa untuk melihat status perkembangan akademik, nilai, dan pembayaran kuliah.

Ia juga memaparkan mengenai BCC. BCC merupakan salah satu wadah yang menjadi mediator bagi mahasiswa dan juga alumni UBSI untuk dapat mencari informasi pekerjaan.

“BCC saat ini telah bekerja sama dengan perusahaan swasta, BUMN dan lembaga pemerintah lainnya. Selain itu, BCC juga membekali mahasiswa dengan kegiatan workshop career dan juga ada kegiatan rekrutmen dari perusahaan yang sudah bekerja sama,” ujar Nuzul.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*