3 Langkah Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat Buat Siswa SMA

Sejumlah pelajar SMA mengenakan pakaian batik
Sejumlah pelajar SMA mengenakan pakaian batik ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

JAKARTA, KalderaNews.com – Siswa yang saat ini duduk di kelas 12 mungkin sudah kepikiran ingin kuliah lanjut, tapi masih bingung mau ambil jurusan apa.

Tak perlu cemas, kebingunan seperti ini wajar dan banyak dialami kebanyakan teman-teman yang masih seumuran.

Memang sih, memilih jurusan tidak mudah dan keputusan ini biasanya termasuk keputusan besar karena menyangkut masa depan.

BACA JUGA:

Jikalau salah memilih juruan maka taruhannya tidak hanya uang, tetapi juga waktu, tenaga dan jalan hidup.

Namun kalau mau jujur, meski hari berhati-hati, sebenarnya keputusan memilih jurusan bukan hal yang rumit. Berikut ini 3 langkah yang baik dilakukan sebelum memilih jurusan kuliah yang diinginkan:

1). Fokus pada minat, bakat atau kesukaan

Langkah yang paling basic dalam memilih jurusan yakni berdasarkan minat, bakat dan kesukaan. Minat berkaitan dengan bidang atau pelajaran yang mati-matian biasanya diperjuangkan atau dipelajari tanpa disuruh sekali pun atau bidang yang selalu dibanggakan. Namun minat dan bakat ini tidak melulu bersifat akademis. Minat pada desain baju, games, lukis, menyanyi atau memasak juga bisa menjadi sarana pemilihan jurusan.

2). Prospek kerja di masa depan

Mengetahui prospek kerja di masa depan dapat dilakukan dengan mencari informasi sebanyak-banyaknya dengan membaca di internet dan berdiskusi dengan teman, sahabat atau keluarga. Memang sih, semua jenis bidang pekerjaan akan tetap dibutuhkan hingga kapan pun, hanya saja platformnya yang akan mengalami perubahan tren. Tren seperti ini yang perlu dicermati.

3). Meminta nasehat orang tua, keluarga dan teman terdekat

Meminta nasehat orang tua, keluarga dan teman dekat bisa dilakukan karena bisa jadi pengalaman mereka lebih baik. Berdiskusi tentang jurusan apa yang kamu inginkan hingga bagaimana kamu memandang prospek pekerjaan itu penting untuk pemilihan jurusan yang tepat.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*