5 Cara Memilih Jurnal Kredibel dengan Akses Gratis

Ilustrasi mencari jurnal (KalderaNews/Ist)
Ilustrasi mencari jurnal (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Jurnal merupakan patokan utama bagi mahasiswa yang sedang menjalani tahap skripsi atau tesis. Tidak semua perguruan tinggi menyediakan portal khusus sekumpulan jurnal dari seluruh dunia. Meskipun begitu, bukan sebuah alasan untuk menormalisasi plagiarisme atau sumber tidak kredibel.

Skripsi melatih pola pikir mahasiswa untuk berpikir saintifik. Jika kamu kebingungan cara memilih jurnal kredibel di akses gratis, maka cobalah tips berikut.

1. Cek Q1-Q4 Jurnal

Periksa kualitas jurnal yang terindeks Scopus Q1-Q4 dari seluruh negara dengan membuka Scientific Journal Ranking. Situs tersebut mudah diakses untuk semua kalangan mahasiswa. Makin tinggi quartile (Q1), maka merupakan tanda jurnal tersebut banyak dijadikan referensi penelitian lain.

BACA JUGA:

2. Perhatikan Domain

Tips selanjutnya yaitu perhatikan domain tempat kamu mecari jurnal. Jurnal kredibel biasanya terdapat pada domain gov., edu., ac., com., org. dan net. Situs tersebut memang diperuntukkan untuk penelitian dan akses pendidikan dari segi jurnal internasional.

3. Pakai Jurnal Indonesia, Tapi Terindeks Scopus

Peneliti Indonesia turut menyumbangkan pemikirannya di kancah internasional. Kredibilitasnya pun patut diperhitungkan. Biasanya, jurnal peneliti Indonesia yang memakai bahasa Inggris memiliki kualitas konten yang lebih baik karena terindeks Scopus.

4. Pilih Situs Berdasarkan Bidang Keilmuan

Beragam situs jurnal dengan akses gratis juga memiliki bidang sesuai keilmuan. Misal, MedPub untuk kedokteran, lalu elsevier untuk bidang sosial.

5. Cari di Google Scholar

Jik sudah mencari di beragam situs internasional, namun terkendala akses, maka cobalah Google Scholar. Situa tersebut menyediakan beragam jenis jurnal gratis dengan kualitas konten yang baik. Cari dengan kata kunci yang sesuai. Lebih baik, cari dengan kata kunci berbahasa Inggris untuk mendapatkan jurnal yang kredibel di akses gratis.

Perhatikan berapa kali suatu jurnal dikutip untuk menjadi referensi penelitian selanjutnya. Makin banyak, maka makin terjamin kualitasnya.

Namun, tidak serta merta hanya seperti itu. Perhatikan pula perkembangan suatu ilmu pengetahuan. Jika kamu beruntung dan giat mencari, maka bisa mendapatkan jurnal di 5 tahun terkini, namun sudah banyak dijadikan referensi.

Itulah cara memilih jurnal kredibel di situs gratis. Skripsi merupakan salah satu tantangan untuk lulus. Konsultasikan pula dengan dosen pembimbing terkait sumber.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*