5 Kiat Menyenangkan untuk Ajari Anak Rajin Membaca

Ilustrasi anak dan orang tua baca buku bersama (kalderaNews/Ist)
Ilustrasi anak dan orang tua baca buku bersama (kalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Mengajarkan membaca pada anak usia dini merupakan salah satu tantangan yang harus dihadapi orang tua, khususnya pada saat jenjang PAUD. Berpindahnya aktivitas belajar dari sekolah ke rumah dan tutupnya sejumlah lembaga les baca dan tulis, membuat orang tua perlu menyediakan waktu untuk mengajarkan anak belajar membaca dari rumah.

Mengajari anak membaca sejak dini butuh perasaan senang. Layaknya peran guru di sekolah, orang tua harus memiliki kesabaran dalam menanamkan kebiasaan membaca. Orang tua perlu memahami bahwa setiap anak di dunia memiliki keunikan dan ritme sendiri ketika memahami sesuatu. Namun, bagaimana bila anak masih enggan untuk belajar baca? Bagaimana membuat suasana menyenangkan ketika mengajari anak membaca?

Kesabaran orang tua

Kesabaran orang tua juga menjadi kunci utama agar anak tetap termotivasi untuk terus belajar. Selain itu, orang tua juga dapat memilihkan dan menanamkan kebiasan belajar yang baik agar anak senantiasa belajar secara teratur dan tidak mudah bosan.

BACA JUGA:

Menggunakan lagu dan buku anak-anak

Ajak anak mendengarkan lagu dan sajak favoritnya. Selain menyenangkan, hal ini juga dapat memperkaya kosakata anak. Ketika kosakata anak semakin banyak, ajak dia untuk mengenalnya dalam susunan huruf. Belajar membaca juga dapat dilakukan dengan cara mengajak anak membaca banyak buku cerita dengan kata-kata sederhana, sambil mengenal huruf dan kata.

Permainan kartu

Buatlah kartu permainan yang berisi kata-kata sederhana yang berhubungan dengan peralatan atau mainan yang ada di rumah. Latih anak untuk menempelkan kartu tersebut pada benda sesuai yang ditulis dalam kartu.

Memanfaatkan beragam aplikasi belajar hingga buku

Belajar membaca harus menjadi proses yang menyenangkan agar anak tetap termotivasi untuk belajar. Maka dari itu, tidak ada salahnya orang tua menggunakan berbagai jenis aplikasi membaca atau buku-buku pembelajaran agar proses belajar lebih terarah dan menyenangkan.

Melalui permainan tebak-tebakan

Ajak anak mengingat hal-hal yang telah dipelajari melalui permainan tebak-tebakan yang dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Cobalah mengajak anak untuk menebak bunyi kata-kata yang dituliskan orang tua pada selembar kertas berwarna.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*