7 Sekolah Terfavorit Tempat Anak-anak Artis Indonesia Menimba Ilmu

Mikhayla Zalindra Bakrie, putri pasangan Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie sekolah di British School Jakarta, Bintaro, Tangerang Selatan
Mikhayla Zalindra Bakrie, putri pasangan Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie sekolah di British School Jakarta, Bintaro, Tangerang Selatan (KalderaNews/IG: @mikhaylazalindrabakrie)

JAKARTA, KalderaNews.com – Pendidikan menjadi salah satu prioritas kebanyakan orang, tak terkecuali para artis yang ingin menjamin masa depan buah hatinya dengan bekal pendidikan yang terbaik.

Karena sadar akan pentingnya pendidikan, mereka juga rela mengeluarkan biaya dalam jumlah besar untuk pendidikan anak-anaknya.

Apa mau dikata, untuk sekolah dengan kualitas tingkat tinggi, orang tua tentu harus rela merogoh kocek hingga dalam. Uang sebesar apa pun rela dikeluarkan untuk pendidikan buah hatinya.

BACA JUGA:

Untuk biaya yang tidak sedikit, biasanya ini terkait dengan kurikulum internasionalnya, guru-guru berkompetensi, fasilitas terbaik, bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya, pelajaran bilingual hingga kelas dengan jumlah murid yang dibatasi.

Nah, untuk sekolah-sekolah anak artis, tak heran bila mereka di sekolah-sekolah dengan biaya yang tidak sedikit. Lalu dimana saja anak-anak artis Indonesia ini biasanya sekolah, berikut ini 7 sekolah favorit anak selebriti.

1). High Scope Jakarta, Cilandak, Jakarta Selatan

High Scope adalah sekolah yang berlokasi di Jl. TB Simatupang, Cilandak Barat, Jakarta Selatan ini memiliki sistem pendidikan yang tidak hanya fokus pada perkembangan otak, tetapi juga pembangunan karakter.

Sekolah internasional asal Amerika Serikat, HighScope cabang Indonesia, dimulai pada 1996 dengan 8 siswa di Pondok Indah. 17 tahun kemudian HighScope Indonesia telah berkembang menjadi 11 kampus dengan total lebih dari 3000 siswa. Salah satu pencetusnya adalah cucu dari pahlawan Ki Hajar Dewantara, Antarina Sulaiman.

HighScope Indonesia memberikan perhatian khusus pada anak, tidak hanya berfokus pada perkembangan otak tetapi juga menekankan pada pembentukan karakter. HighScope menerapkan kurikulum berkualitas tinggi. Dengan tagline “Bridge to Real Life” didirikan untuk mempersiapkan anak-anak untuk masa depan mereka.

High Scope Jakarta, Cilandak, Jakarta Selatan
High Scope Jakarta, Cilandak, Jakarta Selatan (KalderaNews/Dok. High Scope)

Dengan sistem multi age, dimana dalam satu kelas terdapat dua grade sekaligus dan belajar bersama-sama, Highscope mengambil referensi pengajaran dari Amerika Serikat dan menerapkan sistem bilingual.

Sekolah HighScope Indonesia menggunakan pendekatan pendidikan belajar aktif (active learning) serta menggunakan Kurikulum HighScope yang mengkorespondensikan konten nasional dengan standar internasional.

Bicara soal biaya sekolah di High Scope berdasarkan data pada 2018, total yang harus dirogoh dari kocek sebesar Rp502 juta sampai anak lulus sekolah dasar. Biaya tersebut terbagi atas Rp70 juta, terbagi untuk uang pangkal dan bulanan sekitar Rp6 juta. Dikabarkan pula, biaya pendidikan yang dikeluarkan untuk bersekolah di High Scope Jakarta bisa mencapai Rp50-an juta untuk biaya masuk, dan ada juga biaya Rp3 juta-an yang perlu dikeluarkan setiap bulannya.

Anak selebriti yang menimba ilmu di sini adalah Ariannha Amora Lemos, anak dari pasangan Krisdayanti dan Raul Lemos, yang duduk di bangku SD. Selain itu, ada juga ada Azka Raqilla, anak Nikita Mirzani dengan pasangan terdahulunya, Sajad Ukra.

2). Kinderfield, Margonda, Depok

Kinderfield merupakan sekolah mewah yang juga menelan biaya mahal. Tidak hanya di Depok, Kinderfield juga membuka banyak cabang di daerah lainnya di Indonesia.

Salah satu anak artis yang bersekolah di Kinderfield yaitu Bilqis Khumairah Razak, anak dari Ayu Ting-Ting.

Kinderfield, Margonda, Depok
Kinderfield, Margonda, Depok (KalderaNews/Dok. Kinderfield)

Uang pangkal untuk mendaftar di Kinderfield mencapai belasan juta. Di tahun 2018/2019 lalu saja, uang pangkal TK tersebut adalah 11,5 juta rupiah. Untuk biaya SPP TK A atau B, yakni usia 4/5 tahun, sekitar 3 juta per 3 bulan.

Dilansir dari kinderfielddepok.sch.id, biaya masuk ke SD antara 36 juta hingga 38 juta rupiah. SPP per bulan adalah 2,6 juta rupiah serta biaya buku plus aktivitas adalah 2,5 juta per semester.

3). Royal Tots Academy, Menteng, Jakarta Selatan

Royal Tots Academy merupakan sekolah yang berlokasi di Menteng, Jakarta Selatan. Royal Tots Academy merupakan sekolah PAUD dengan taraf internasional. Sekolah internasional pendidikan usia dini (PAUD) dan Taman Kanak-kanak (TK) Royal Tots Academy Preschool yang telah berdiri sejak 2010 ini menerapkan konsep pendidikan berbasis rumah.

Pendidikan berbasis rumah agar anak-anak merasa betah layaknya berada di rumah. Semuanya didesain menyerupai rumah. Selain sistem pendidikan berbasis rumah, Royal Tots Academy (RTA) dalam mendidik siswa mengunakan kurikulum International Primary Curriculum (IPC) yang telah dikembangkan di Inggris sejak 2000. Saat ini, kurikulum tersebut telah dipergunakan di 1.600 sekolah di 90 negara di seluruh dunia.

Royal Tots Academy, Menteng, Jakarta Selata
Royal Tots Academy, Menteng, Jakarta Selatan (KalderaNews/Ist)

Meskipun mengunakan kurikulum internasional, RTA tetap mengedepankan nilai kebangsaan. Pasalnya, kurikulum tersebut mempersiapkan anak menjadi global citizen.

Biaya pendidikan di Royal Tots Academy yaitu sebesar Rp12,6 juta-an untuk biaya pembangunan, Rp1,25 juta-an untuk uang tas, buku, topi dan lainnya. Belum lagi dengan uang sekolah sebesar Rp 22,1 juta-an yang dibayar setiap tiga bulan sekali.

Anak selebriti yang masuk ke Royal Tots Academy yaitu El Barack Alexander, anak semata wayang Jessica Iskandar.

4). Tzu Chi School, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara

Tzu Chi School berlokasi di pintu keluar Tol Kapuk. Bangunan bernama Tzu Chi Center itu merupakan gedung yang menjadi “rumah” dari Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia. Di bangunan ini juga terdapat lembaga pendidikan yang tidak memandang suku, agama dan golongan. Nama lembaga tersebut adalah Sekolah Tzu Chi.

Sekolah yang diresmikan pada 10 Juli 2011 ini memiliki jenjang pendidikan dari taman kanak-kanak (TK), sekolah dasar (SD/primary school), sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas (SMP & SMA/secondary school).

Di jenjang Taman Kanak-Kanak digunakan pendekatan tematik untuk proses belajar-mengajarnya. Di mana pelajaran digabung dalam satu tema agar anak-anak lebih mudah menyerap pembelajarannya dalam kegiatan yang interaktif. Kurikulum di tingkat ini menggunakan gabungan antara kurikulum nasional dan pendidikan kemanusiaan atau Ren Wen. Buah hati Anda juga akan dikenalkan dua bahasa asing yakni Inggris dan Mandarin sebagai bahasa pengantar serta pelajaran di kelas.

Tzu Chi School, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara
Tzu Chi School, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara (KalderaNews/Dok. Tzu Chi School)

Sekolah ini tergolong mahal dengan banyak fasilitas high class. Selain tenaga pengajar dari dalam dan luar negeri, fasilitas seperti ruang belajar, perpustakaan, tempat olahraga, sampai kolam renang sendiri pun tersedia di sekolah ini.

Sekolah ini menggunakan 3 bahasa sebagai bahasa pengantar, yaitu bahasa Indonesia, Inggris dan Mandarin. Menjadi orang tua yang sukses di dunia hiburan dan bisnis, tak heran bila Ruben sanggup menyekolahkan anaknya di sekolah bertaraf internasional.

Anak pertama Ruben Onsu, Thalia Putri Onsu, disekolahkan di Tzu Chi School yang berlokasi di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

Tzu Chi School merupakan sekolah bergengsi, yang dilengkapi fasilitas terbaik seperti tenaga pengajar dari luar negeri, tempat olahraga, kolam renang dan lain-lain.

5). British School Jakarta, Bintaro, Tangerang Selatan

British School Jakarta (BSJ) merupakan sekolah yang tak kalah mewah yang berlokasi di Bintaro Sektor 9, Tangerang Selatan. British School Jakarta sudah berdiri sejak tahun 1973 di bawah naungan Kedutaan Besar Inggris. Awalnya British School Jakarta bernama British Internasional School yang lalu berganti nama pada tahun 2014.

Salah satu fasilitas mewah yang disediakan oleh sekolah ini yaitu ada transportasi antar-jemput yang menghabiskan biaya Rp9,3 juta untuk sekali jalan, selama satu semester.

Salah satu anak artis yang sekolah di BSJ yaitu Mikhayla Zalindra Bakrie, yang merupakan anak dari pasangan Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie.

British School Jakarta, Bintaro, Tangerang Selatan
British School Jakarta, Bintaro, Tangerang Selatan (KalderaNews/Dok. British School Jakarta)

Untuk tahun ajaran baru, SPP Mikhayla tercatat lebih dari Rp 21 juta per bulannya. Dikutip dari website resminya, per semester ini untuk bagi yang berniat sekolah di BSJ para orangtua perlu menyediakan biaya pendaftaran sebesar Rp2,5 juta.

Sekolah tersebut juga menyediakan fasilitas antar jemput yang dibanderol Rp9,3 juta sekali jalan selama satu semester. Biaya sekolah per tahun anak Nia ini sekitar Rp311 juta atau Rp108,850 juta per semesternya.

6). Sampoerna Academy, BSD City, Tangerang Selatan

Terakhir, salah satu sekolah baru yang juga tidak kalah bergengsi, yaitu Sampoerna Academy, yang berlokasi BSD City, Tangerang Selatan.

Sampoerna Academy juga merupakan sekolah bertaraf internasional yang berbasis pendidikan STEM (Science, Technology, ,Engineering, Math).

Sampoerna Academy
Sampoerna Academy (KalderaNews/Ist)

Anak artis yang dikenal bersekolah di Sampoerna Academy adalah Gempita Nora Marten, anak dari Gisela dan Gading Marten.

Anak dari pasangan Gisel dan Gading Marteen ini diketahui bersekolah di Sampoerna Academy, sebuah sekolah elit dengan kurikulum Internasional. Tak heran jika Gempi sudah jago berbahasa Inggris di usia dini.

Untuk bisa bersekolah di sekolah elit tersebut, Gisel harus menyiapkan biaya sebesar Rp 42 sampai Rp 56 juta per tahun untuk sang buah hati.

7). Sekolah Cikal

Sekolah Cikal yang didirikan oleh Najelaa Shihab, putri ahli agama ternama, Quraish Shihab dan Dewi Soeharto ini telah berdiri di beberapa lokasi di Jabodetabek termasuk di wilayah BSD, Tangerang Selatan.

Cikal menitikberatkan pada ‘5 Stars Competencies’ dan tidak memiliki mata pelajaran khusus. Tapi, siswa mengembangkannya melalui praktik. Anak juga diajak untuk bermain sekaligus belajar di ruangan sekolah yang lekat dengan alam bermain.

Sejumlah Sekolah Cikal, seperti yang Surabaya menerapkan kurikulum International Baccalaureate (IB) sebagai Primary Years Program International Baccalaureate (IB) World School. Ini adalah program yang dirancang untuk siswa berusia tiga tahun sampai sebelas tahun (PreKindie-Year 5) untuk mengembangkan internationalism dan mengikuti program tingkat berikutnya, yaitu Middle Years Program (MYP).

Sekolah Cikal
Gedung Sekolah Cikal (KalderaNews/Dok. Cikal)

Menariknya, Sekolah Cikal menyelenggarakan beberapa kelas, mula Kelas Bayi-Bayi dan Adik-Adik untuk anak dengan usia enam bulan sampai dua tahun, Kelas Kakak-Kakak untuk anak yang berusia dua tahun sampai tiga tahun, Kelas Pre-Kindergarten untuk anak usia tiga tahun sampai empat tahun, Kelas TK atau Reception untuk anak usia empat tahun hingga enam tahun, dan Year 1 – Year 5 untuk anak usia enam tahun sampai 12 tahun.

Seperti sekolah bertaraf internasional lainnya, biaya di Sekolah Cikal juga tidak murah. Orang tua perlu merogoh kocek belasan hingga puluhan juta rupiah untuk uang pangkal. Data pada 2018, untuk sekolah di sini harus menyiapkan dana Rp481 juta. Itu terdiri dari uang pangkal Rp99,3 juta, biaya uang sekolah untuk tahun pertama hingga kelima sebesar Rp313,5 juta, dan tahun keenam Rp 68,2 juta.

Putra pasangan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina yang bernama Rafathar Malik Ahmad diketahui bersekolah di Cikal yang merupakan salah satu sekolah termahal di Jakarta.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*